ABSTRAK Joseph Bernard Siantori
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 1 Joseph Bernard Siantori
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 Joseph Bernard Siantori
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 Joseph Bernard Siantori
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 Joseph Bernard Siantori
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 Joseph Bernard Siantori
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
DAFTAR Joseph Bernard Siantori
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
2024 TA PP JOSEPH BERNARD SIANTORI 1 - LAMPIRAN.pdf
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Potensi pemanfaatan struktur sandwich dalam industri dirgantara, aviasi, dan
berbagai industri lainnya sangat besar. Akan tetapi, pemahaman tenggang cacat
strukturnya masih terbatas karena tingkat kompleksitasnya. Untuk lebih memahami
sifat tenggang cacat struktur sandwich, pengujian kekuatan sisa dilakukan pada
struktur sandwich. Salah satu jenis pengujian ini adalah pengujian kompresi
sesudah impak (compression-after-impact, CAI). Sebelum melakukan pengujian
CAI, dilakukan simulasi numerik pada panel komposit sandwich di bawah beban
tekan. Kemudian, dilakukan simulasi numerik pengujian impak kecepatan rendah
(low-velocity impact, LVI) yang diikuti oleh pengujian CAI pada panel komposit
sandwich unidireksional berinti foam dengan menggunakan metode elemen hingga
pada perangkat lunak ABAQUS. Model yang digunakan untuk penyelidikan
numerik ini divalidasi dengan penelitian terdahulu, uji konvergensi mesh, dan
analisis energi. Hasil dari penyelidikan numerik ini menunjukkan bahwa impak
kecepatan rendah dapat menyebabkan pengurangan kekuatan tekan yang signifikan
pada panel komposit sandwich. Modus kerusakan yang kritis pada panel komposit
sandwich unidireksional pada pengujian CAI adalah kerusakan pada matriksnya,
terutama kerusakan matriks pada beban tekan. Perilaku CAI panel komposit
sandwich sangat kompleks dan sangat bergantung pada geometrinya dan sifat
materialnya. Ditemukan bahwa untuk impak kecepatan rendah dengan energi
impak 12 J dan lebih pada panel komposit sandwich, kekuatan tekan sisa berkurang
seiring dengan bertambahnya besar energi impak.