digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Joseph Bernard Siantori
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 1 Joseph Bernard Siantori
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Joseph Bernard Siantori
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Joseph Bernard Siantori
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Joseph Bernard Siantori
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Joseph Bernard Siantori
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

DAFTAR Joseph Bernard Siantori
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

2024 TA PP JOSEPH BERNARD SIANTORI 1 - LAMPIRAN.pdf
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

Potensi pemanfaatan struktur sandwich dalam industri dirgantara, aviasi, dan berbagai industri lainnya sangat besar. Akan tetapi, pemahaman tenggang cacat strukturnya masih terbatas karena tingkat kompleksitasnya. Untuk lebih memahami sifat tenggang cacat struktur sandwich, pengujian kekuatan sisa dilakukan pada struktur sandwich. Salah satu jenis pengujian ini adalah pengujian kompresi sesudah impak (compression-after-impact, CAI). Sebelum melakukan pengujian CAI, dilakukan simulasi numerik pada panel komposit sandwich di bawah beban tekan. Kemudian, dilakukan simulasi numerik pengujian impak kecepatan rendah (low-velocity impact, LVI) yang diikuti oleh pengujian CAI pada panel komposit sandwich unidireksional berinti foam dengan menggunakan metode elemen hingga pada perangkat lunak ABAQUS. Model yang digunakan untuk penyelidikan numerik ini divalidasi dengan penelitian terdahulu, uji konvergensi mesh, dan analisis energi. Hasil dari penyelidikan numerik ini menunjukkan bahwa impak kecepatan rendah dapat menyebabkan pengurangan kekuatan tekan yang signifikan pada panel komposit sandwich. Modus kerusakan yang kritis pada panel komposit sandwich unidireksional pada pengujian CAI adalah kerusakan pada matriksnya, terutama kerusakan matriks pada beban tekan. Perilaku CAI panel komposit sandwich sangat kompleks dan sangat bergantung pada geometrinya dan sifat materialnya. Ditemukan bahwa untuk impak kecepatan rendah dengan energi impak 12 J dan lebih pada panel komposit sandwich, kekuatan tekan sisa berkurang seiring dengan bertambahnya besar energi impak.