digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2019 TA PP TEGAR PRISKADANA PUTRA 1.pdf?
Terbatas Noor Pujiati.,S.Sos
» ITB

Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya, salah satunya adalah Wayang. Saat ini kondisi kesenian wayang kulit dalam generasi muda bangsa ini sudah mulai mengkhawarikan, eksistensi wayang sudah mulai tergantikan oleh budaya – budaya lain yang lebih modern yang dibawah oleh era globalisasi. Namun, selain memberika sebuah dampak negatif bagi budaya bangsa, globalisasi juga membawa sebuah harapan untuk kembali mengenalkan kesenian wayang dalam bentuk yang lebih menarik dan modern, yaitu motion capture. Motion capture memungkinan kita untuk merekam dan menkonversi gerakan tubuh kita menjadi sebuah inputan untuk menjalankan sistem. Dalam projek kali ini, dengan memanfaatkan teknologi motion capture akan didesain sebuah wahana permainan untuk mengenalkan tokoh dan cerita perwayangan, dengan harapan bisa menarik minat generasi muda kita untuk kembali mengenal apa yang sudah menjadi warisan dari nenek moyangnya. Desain dari wahana permainan yang dirancang harus bisa menarik minat masyarakat untuk kembali mengenal wayang dan juga bisa mengemas wayang dalam bentuk yang lebih “modern” agar eksistensinya bisa tetap bertahan. Wahana permainan ini pada studi kasusnya dirancang untuk ditempatkan di Museum Wayang, Jakarta. Dimana hal tersebut dikarenakan keselarasan antara Museum Wayang dan tujuan dirancangnya wahana permainan ini.