digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Freddy Tjahyadi
PUBLIC Open In Flipbook Alice Diniarti

BAB 1 Freddy Tjahyadi
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Freddy Tjahyadi
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Freddy Tjahyadi
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Freddy Tjahyadi
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Freddy Tjahyadi
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 6 Freddy Tjahyadi
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 7 Freddy Tjahyadi
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA Freddy Tjahyadi
PUBLIC Open In Flipbook Alice Diniarti

Perkembangan teknologi bergerak dengan sangat cepat menyebabkan perubahan gaya hidup dan kemudian melahirkan generasi yang semakin terikat dengan teknologi digital sejak lahir yaitu generasi- Z. Saat ini, generasi-Z telah memasuki usia dewasa sehingga segera menjadi target pasar bagi pusat gaya hidup di perkotaan. Oleh karena itu, kebutuhan akan lifestyle center yang mewadahi kebutuhan generasi dengan karakteristik berbeda dari sebelumnya dibutuhkan. Namun, selain memenuhi kebutuhan generasi-Z, lifestyle center perlu untuk memberikan nilai tambah lain bagi mereka khususnya pada nilai sosial. Proyek digital lifestyle center di BSD City, berada di kawasan Digital Hub dengan luas tapak 10.078 meter persegi. Konteks kawasan dicanangkan oleh Sinarmas Land sebagai kawasan pengembangan teknologi digital terbesar di dunia atau disebut ‘silicon valley’. Lahan perancangan juga berada di tepian sungai Cisadane yang diasumsikan bersih sehingga menjadi potensi bagi pengembangan digital lifestyle center. ‘Augmented Social Environment’ merupakan konsep utama yang dilahirkan demi membangkitkan kembali semangat berinteraksi sosial secara langsung pada generasi-Z. Ketersediaan ruang terbuka publik dan fasilitas sosial diharapkan dapat memicu terjadinya interaksi antar pengguna dengan intervensi dari teknologi digital melalui pendekatan fungsi dan bentuk. Bentuk yang dinamis, bernuansa modern, dan memberi citra teknologi tinggi diterapkan melalui massa dan fasade untuk menarik pengunjungnya. Hal ini juga diintegrasikan dengan fasilitas yang tersedia seperti retail digital dan retail start-up yang menjadi pembedanya dan keberadaan food and beverages, fasilitas rekreasi, ii hiburan, hobi dan lainnya sebagai respon terhadap konteks lingkungan teknologi digital dan calon penggunanya yaitu Generasi-Z. Demi memberikan suasana yang berbeda bagi pengunjung dibanding pesaing di sekitarnya maka, suasana ruang terbuka yang tertutup dapat menjadi daya tarik tersendiri melalui pencahayaan alami pada atrium dengan kenyamanan ruang yang tetap terjaga selama menjelajahi bangunan. Selain itu, keberadaan sirkulasi vertikal seperti lift kaca dan eskalator juga dirancang untuk memberikan atraksi tersendiri dan memermudah orientasi pengunjungnya. Penarik utama juga terdapat pada keberadaan food court di lantai teratas dengan plaza terbuka dimana pengunjung dapat merasakan suasana yang berbeda dengan view menuju taman rooftop dan langit dengan kenyamanan termal yang juga tetap terjaga. Setiap ruangnya baik pada dalam maupun luar juga memiliki fleksibilitas tinggi yang memberi kesempatan bebas bagi pengguna untuk menggunakannya.