digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Martini Safitri
PUBLIC Open In Flipbook Alice Diniarti

BAB 1 Martini Safitri
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Martini Safitri
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Martini Safitri
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Martini Safitri
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Martini Safitri
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 6 Martini Safitri
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 7 Martini Safitri
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan


Stasiun Kereta Api Kiaracondong adalah stasiun terbesar kedua di Kota Bandung. Stasiun ini melayani keberangkatan kereta api kelas ekonomi jarak jauh dan kereta api komuter. Dahulu seluruh kereta api, mulai dari kelas eksekutif sampai kelas ekonomi, dilayani oleh Stasiun Bandung. Namun karena peningkatan jadwal pemberangkatan di Stasiun Bandung, semua keberangkatan kereta api kelas ekonomi jarak jauh dipindahkan ke Stasiun Kiaracondong. Masalah yang terjadi di Stasiun Kereta Api Kiaracondong adalah sulitnya akses dari bangunan stasiun sisi Utara menuju bangunan stasiun sisi Selatan. Pengguna terkadang harus melintasi gerbong kereta yang sedang berhenti di Stasiun Kereta Api Kiaracondong untuk sampai ke peron yang dituju. Hal ini disebabkan karena jalur pedestrian masih bersilangan dengan jalur rel kereta api sehingga keselamatan pengguna menjadi kurang. Perancangan Stasiun Kereta Api Kiaracondong ini merupakan upaya untuk memenuhi kebutuhan sebagai stasiun terbesar kedua di Kota Bandung. Perancangan stasiun ini ditekankan kepada kejelasan sistem sirkulasi yang diharapkan dapat menghasilkan efisiensi dan efektivitas ruang, kemudahan akses bagi semua kalangan pengguna, dan keamanan bagi setiap pengguna saat berada di Stasiun Kereta Api Kiaracondong. Kemudahan berorientasi tercipta dengan membuat ruang yang mengalir dan menjaga kontinuitas ruang luar dan ruang dalam. Konsep sirkulasi ini menjadi dasar pemilihan bentuk, sistem struktur, dan material yang digunakan pada perancangan bangunan.