COVER Alivia Dewi Parahita
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 1 Alivia Dewi Parahita
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 Alivia Dewi Parahita
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 Alivia Dewi Parahita
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 Alivia Dewi Parahita
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 Alivia Dewi Parahita
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA Alivia Dewi Parahita
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan
Perkembangan teknologi dengan berbagai inovasinya telah membantu mempermudah komunikasi di segala bidang, termasuk bidang pendidikan. Perubahan teknik komunikasi dari sistem komunikasi internal sekolah secara konvensional dengan surat pengumuman dan buku penghubung telah dilakukan menjadi menggunakan grup aplikasi online atau aplikasi mobile demi mempercepat penyebaran informasi tersebut. Hal ini dilakukan untuk menciptakan komunikasi yang baik antara guru dan orang tua dalam bekerja sama untuk menyukseskan pendidikan anaknya. Namun, kemampuan orang tua yang terbatas membuat dirinya kurang menguasai aplikasi tersebut. Tugas akhir ini melakukan observasi terhadap sistem komunikasi internal sekolah yang ada pada saat ini. Hasil dari observasi menemukan bahwa sistem komunikasi internal sekolah saat ini masih memiliki masalah dan kekurangan terutama yang menggunakan teknologi aplikasi perangkat lunak tertentu. Pendekatan user-centered design sangat penting untuk diaplikasikan guna menghasilkan rancangan aplikasi yang dapat digunakan secara baik oleh penggunanya yaitu orang tua. Hasil akhir dari tugas akhir ini adalah sebuah high-fidelity prototype yang dibuat dengan kakas Sketch. Pengujian telah dilakukan kepada pengguna yaitu orang tua yang anaknya sedang bersekolah dengan metode usability testing. Rancangan prototipe dinyatakan berhasil apabila memenuhi usability goal yaitu efektif, mudah digunakan, mudah diperlajari, dan user experience yaitu membantu dan memuaskan. Hasil pengujian menunjukan bahwa prototipe telah memiliki interaksi yang baik dan tampilan antarmuka yang sudah user-friendly untuk orang tua. Dari kuesioner pengujian yang dilakukan, semua pengguna menilai prototipe ini mudah dipelajari, mudah digunakan, efektif, memuaskan, dan membantu kecuali pada bagian pengaturan notifikasi yang kemudian telah diperbaiki pada prototipe final.
Perpustakaan Digital ITB