digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Biji kopi adalah biji dari buah beri jenis kopi tertentu. Genus kopi adalah tanaman asli Afrika, Madagaskar, dan beberapa negara tropis lainnya. Kopi sangat populer sehingga lebih dari 70 negara menanam tanaman kopi, terutama di daerah khatulistiwa Amerika, Afrika, dan Asia Tenggara (ASTENG). Mulai tahun 2011 konsumsi kopi di Indonesia mulai meningkat. Konsumsi kopi di Indonesia naik 7,7% terlihat dari tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) hingga tahun 2017. Industri kopi kemudian menjadi sektor bisnis yang menggiurkan. Paulina Coffee & Gallery melihat ini sebagai peluang untuk bergabung dengan bisnis kopi. Paulina Coffee & Gallery adalah kedai kopi di Bandung, salah satu kota besar di Indonesia yang memiliki potensi besar untuk industri kopi, terutama kedai kopi. Paulina Coffee & Gallery menghadapi beberapa masalah dalam bisnis mereka, seperti halnya kedai kopi lainnya. Kurangnya pelanggan di akhir pekan, dan penjualan yang menurun seiring berjalannya waktu menjadi masalah utama Paulina. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi untuk mengatasi masalah-masalah tersebut untuk membantu Paulina Coffee & Gallery. Penelitian ini akan melihat pengaruh perilaku konsumen terhadap strategi pemasaran yang diusulkan. Metode kualitatif digunakan dalam penelitian ini sebagai sumber data primer dan metode kuantitatif juga digunakan sebagai data sekunder. Analisis internal dan eksternal, analisis PESTEL, Porter's 5 Force, dan SWOT juga digunakan untuk membantu menganalisis data penelitian. Hasil penelitian kemudian dirumuskan menjadi strategi pemasaran yang diusulkan untuk memecahkan masalah Paulina Coffee & Gallery. Pada fase implementasi, hasil dari wawancara mendalam diamati untuk mendapatkan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku pelanggan. Dengan memahami perilaku pelanggan, perusahaan dapat memperoleh banyak informasi yang dapat digunakan untuk merumuskan strategi. Kemudian, hasil metode kualitatif ini dibandingkan dan disusun dengan hasil kuantitatif untuk mencapai hasil akhir. Diskon, dan komunitas menjadi faktor utama dalam hasil penelitian sehingga dimplementasikan penambahan diskon dan kolaborasi dengan komunitas lokal. Paulina mulai terlihat peningkatan keuntungan. Peneliti merekomendasikan bahwa Paulina di masa depan dapat meningkatkan manajemen operasional mereka menjadi lebih baik daripada Paulina saat ini.