Apakah Anda percaya dengan apa yang orang lain katakan? Melalukan pengambilan keputusan
khususnya menggunakan platform online, terlebih dalam memilih akomodasi untuk berpergian,
wisatawan lebih suka untuk membentuk penilaian pribadi berdasarkan sinyal yang tersedia dalam
platform dan dipengaruhi oleh keputusan orang lain. Ulasan online semakin menjadi sumber
informasi utama yang memengaruhi pengambilan keputusan wisatawan. Penelitian ini bertujuan
untuk membentuk model dari pengambilan keputusan peer-traveler dalam peer-to-peer
accommodation dan untuk menganlisis peran dari ulasan online untuk mengeksplorasi persepsi
rasa percaya dari peer traveler.
Penelitian ini menggunakan analisis konten kualitatif untuk mengintegrasikan tema yang didapat
dari ulasan online. Konten analisis digunakan untuk pemahaman lebih dalam terhadap ulasan
online dari data Airbnb untuk menganalisis ulasan tamu di Superhost Bandung. Hasil dari data
sampel penelitian mengungkapkan praktik value co-creation bagi tamu dan penyedia layanan jasa
potensi persepsi rasa percaya berdasarkan tema kognitif yang diidentifikasi, seperti lokasi,
estetika kamar, atribut penyedia layanan jasa, deskripsi kamar, interaksi sosial, evaluasi
keseluruhan, dan niat pembelian kembali.
Hasil dari penelitian memberikan cara pandang baru bagi para peneliti dan praktisi terkait
pengambilan keputusan peer-traveler melalui layanan akomodasi peer-to-peer teriring dengan
persepsi rasa percaya dan value co-creation. Persepsi rasa percaya didefinisikan pada
benevolence, ability dan integrity, dan value-creation didefinisikan melalui praktik social antara
tamu-penyedia layanan akomodasi.