digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Gita Anugrah
PUBLIC Taupik Abidin

Apakah Anda percaya dengan apa yang orang lain katakan? Melalukan pengambilan keputusan khususnya menggunakan platform online, terlebih dalam memilih akomodasi untuk berpergian, wisatawan lebih suka untuk membentuk penilaian pribadi berdasarkan sinyal yang tersedia dalam platform dan dipengaruhi oleh keputusan orang lain. Ulasan online semakin menjadi sumber informasi utama yang memengaruhi pengambilan keputusan wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk membentuk model dari pengambilan keputusan peer-traveler dalam peer-to-peer accommodation dan untuk menganlisis peran dari ulasan online untuk mengeksplorasi persepsi rasa percaya dari peer traveler. Penelitian ini menggunakan analisis konten kualitatif untuk mengintegrasikan tema yang didapat dari ulasan online. Konten analisis digunakan untuk pemahaman lebih dalam terhadap ulasan online dari data Airbnb untuk menganalisis ulasan tamu di Superhost Bandung. Hasil dari data sampel penelitian mengungkapkan praktik value co-creation bagi tamu dan penyedia layanan jasa potensi persepsi rasa percaya berdasarkan tema kognitif yang diidentifikasi, seperti lokasi, estetika kamar, atribut penyedia layanan jasa, deskripsi kamar, interaksi sosial, evaluasi keseluruhan, dan niat pembelian kembali. Hasil dari penelitian memberikan cara pandang baru bagi para peneliti dan praktisi terkait pengambilan keputusan peer-traveler melalui layanan akomodasi peer-to-peer teriring dengan persepsi rasa percaya dan value co-creation. Persepsi rasa percaya didefinisikan pada benevolence, ability dan integrity, dan value-creation didefinisikan melalui praktik social antara tamu-penyedia layanan akomodasi.