ABSTRAK Rizky Ramadhani
Terbatas  Taupik Abidin
» Gedung UPT Perpustakaan
» SBM
Terbatas  Taupik Abidin
» Gedung UPT Perpustakaan
» SBM
[Final Project] 19215005 - Rizky Ramadhani.pdf
PUBLIC Taupik Abidin
Industri kopi di Indonesia berkembang dan tumbuh dengan pesat. Konsumsi kopi di
Indonesia telah meningkat dari tahun ke tahun, karena semakin banyak kedai kopi yang buka
setiap tahun, sebagian bertahan dan beberapa gulung tikar. Ada beberapa faktor penting
dalam membangun kedai kopi yang sukses, yaitu dari peningkatan terus-menerus dari produk
dan layanannya. Produk yang baik di dalam industri kopi didefinisikan melalui citarasa dan
aromanya yang enak, baik dari tingkat keasaman dan manis kopinya. Melalui pelayanan,
sebuah kedai kopi bisa mendapatkan pelanggan setia ketika mereka merasa puas dan akan
datang kembali sebagai pelanggan berulang, sehingga menciptakan kedai kopi yang
berkelanjutan.
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh dimensi-dimensi kualitas layanan
terhadap kepuasan pelanggan dan bagaimana kepuasan dari pelanggan akan mempengaruhi
loyalitas pelanggan. Terdapat lima dimensi dalam kualitas layanan yaitu, keandalan, jaminan,
bukti fisik, empati dan daya tanggap. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif,
dengan membagikan kuesioner kepada pelanggan Jack Runner Roastery. Korelasi antara
dimensi kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan akan dilakukan dengan menggunakan
regresi linier berganda dan korelasi antara kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan akan
dilakukan dengan menggunakan regresi linier sederhana.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa keandalan, bukti fisik, empati dan daya tanggap
memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan, sedangkan jaminan tidak
memiliki pengaruh signifikan terhadapnya. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa kepuasan
pelanggan memiliki pengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini memberi
rekomendasi bagi kedai opi untuk dapat meningkatkan kualitas layanan mereka untuk
mendapatkan lebih banyak pelanggan yang puas, sehingga dapat pelanggan yang setia dan
kedai kopi yang berkelanjutan.