digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2019_TS_PP_DADAN_SUMARDAN_1.pdf
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos

Usaha kerajinan Kiaracondong mempunyai potensi besar untuk dikembangkan. Jumlah perputaran uang di sentra kerajinan Keramik Kiaracondong tergolong relatif besar dalam sebuah usaha skala kerajinan, namun tanpa adanya kepekaan terhadap nilai kreasi yang bernilai, potensi yang besar itu akan sia-sia saja. Dalam usaha meningkatkan nilai kreasi yang orisinil dan terbarukan diperlukan usaha pengembangan produk. Penelitian ini berhubungan dengan permintaan untuk menghasilkan produk Keramik Kiaracondong yang lebih artistik agar daya tarik visualnya meningkat yang fungsinya dapat dikembangkan sebagai barang komoditas wisata dalam hal ini souvenir wisata. Produk keramik Kiaracondong mempunyai potensi untuk dikembangkan dan ditingkatkan daya tarik visualnya, pertanyaannya adalah Potensi visual apa yang dimiliki oleh produk Keramik Kiaracondong, dan bagaimana meningkatkan kualitas visual produk keramik Kiaracondong sebagai barang komoditas wisata sehingga menjadi produk yang lebih unik, kompetitif, dan mempunyai daya tarik visual yang lebih kuat? Penelitian ini mempunyai tujuan mengetahui potensi keramik Kiaracondong yang dapat diberdayakan dalam pengembangan produk souvenir dan merancang produk souvenir yang dapat dikembangkan dengan menerapkan pengembangan daya tarik visual dan teknologi yang bertumpu pada potensi keramik Kiaracondong. Penelitian ini dilakukan agar dapat memberikan manfaat bagi berbagai pihak, diantaranya bagi pihak pengrajin penelitian ini bermanfaat sebagai usaha dalam proses kegiatan diversifikasi produk perusahaan, bagi dunia perancangan yang berkaitan dengan kerajinan keramik, penelitian ini dapat dijadikan acuan dalam proses pengembangan dan diversifikasi produk terutama yang berhubungan dengan peningkatan daya tarik visual produk kerajinan sebagai barang komoditas wisata. Metode penelitian dan perancangannya meliputi proses penelaahan desain produk Keramik Kiaracondong, yang kemudian menentukan fitur fungsinya yang terpenting. Penelaahannya dilakukan dengan metode kualitatif dan metode kuantitatif. Kemudian metode selanjutnya merumuskan solusi desain yang optimal dengan menggabungkan beberapa faktor desainnya, yang merupakan bagian dari proses perancangannya. Metode penelitiannya meliputi tahapan- tahapan melakukan kajian terhadap faktor-faktor desain produk keramik Kiaracondong yang berpotensi untuk dikembangkan, merumuskan konsep pengembangan desain produk keramik Kiaracondong, dan pembentukan karya keramik dengan tampilan yang dikembangkan. Penelitian ini menyangkut pengembangan produk kerajinan keramik Kiaracondong yang diasumsikan menerapkan desain produk yang stagnan, tetapi secara ekonomis mempunyai potensi besar untuk dikembangkan. Dalam usaha mengembangkan desain produk keramik Kiaracondong ini dicoba untuk dapat memenuhi fungsinya sebagai produk souvenir wisata. Melihat potensi besarnya, pengembangan produknya yang dilakukan tidak secara radikal tetapi secara incremental, artinya beberapa potensi desainnya masih dapat dipertahankan. Dalam mempertahankan beberapa potensi besar dari desain produk yang lama menjadi produk yang baru akan dilakukan suatu proses transformasi desain. Berdasarkan proses-proses penelitian sebagai proses pengembangan produk Kiaracondong menjadi produk souvenir Wisata telah dihasilkan protipe produk hasil pengembangan keramik Kiaracondong. Tesis ini menyimpulkan bahwa telah dapat dibuat produk keramik berupa souvenir wisata yang didasarkan atas potensi produk keramik Kiaracondong. Tahapan proses mewujudkannya telah dijalani melalui serangkaian penelitian mengenai souvenir, atribut souvenir, membuat variasi bentuk, hingga menciptkan prototype produk mug sebagai souvenir wisata. Ada keterbatasan di dalam tesis ini. Keterbatasan ini berupa jumlah responden yang terlibat dalam setiap kuisioner yang dijalani. Hal ini lebih diakibatkan karena waktu dan metode pengambilan survey yang dilakukan. Untuk penelitian yang lebih representative dari penelitian ini, penelitian lanjutan yang terkait dengan tema tesis ini perlu melibatkan koresponden dengan jumlah yang cukup signifikan.