digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER A.A. Sutadi Saputra
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 A.A. Sutadi Saputra
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 A.A. Sutadi Saputra
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 A.A. Sutadi Saputra
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 A.A. Sutadi Saputra
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 5 A.A. Sutadi Saputra
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA A.A. Sutadi Saputra
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

UMEDS (Your Medical Learning Solutions) adalah platform online yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan kedokteran dengan menggabungkan teknologi modern, sumber daya pendidikan yang luas, dan pengalaman belajar interaktif untuk memperkuat kemampuan mahasiswa kedokteran dan penyedia layanan kesehatan. Setelah meluncurkan aplikasi belajar pada Februari 2023, UMEDS mengalami tantangan dalam mencapai pertumbuhan bisnis. Untuk menyelesaikan hal ini, tim co-founder UMEDS melakukan wawancara pengguna dan Focus Group Discussion (FGD) menggunakan data kinerja perusahaan dari dua kuartal sebelumnya untuk mengidentifikasi Product-market fit. Evaluasi secara sistematis di bidang studi pendidikan kedokteran dan tinjauan komprehensif menggunakan metodologi Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and MetaAnalyses (PRISMA). Sistem skoring Medical Education Research Study Quality Instrument (MERSQI) digunakan untuk mengidentifikasi karakteristik pembelajaran yang potensial untuk pengembangan produk pada studi yang mendapatkan skor tertinggi. Analisis ini memimlih lima alternatif untuk evaluasi lebih lanjut menggunakan metode Simple Multi-Attribute Rating Technique (SMART). Kriteria penilaian dibagi menjadi pertimbangan biaya dan manfaat. Penilaian biaya berdasarkan Levin's Framework for Cost Ingredients in Standard Educational Interventions mencakup faktor seperti biaya fasilitas, biaya karyawan, biaya peralatan alat dan bahan, biaya kebutuhan klien, dan biaya program lainnya. Pertimbangan manfaat dikategorikan menjadi delapan sub kategori berdasarkan Rubrik eLearning Evaluation, mencakup fungsionalitas, aksesibilitas, aspek teknis, desain seluler, privasi, perlindungan data dan hak, manfaat sosial, manfaat pengajaran, dan manfaat kognitif. Kerangka evaluasi komprehensif bertujuan untuk memandu pemilihan alternatif yang paling efektif untuk pengembangan produk UMEDS. Berdasarkan analisis SMART, Simulasi Virtual 3D (Alternatif 4) sebagai pilihan terbaik untuk pengembangan produk pendidikan kedokteran, dengan manfaat agregat yang signifikan sebesar 67,2464. Selain itu, Alternatif 1, Platform Pembelajaran Adaptif, memiliki nilai analisa stabilitas yang baik, fitur ini dapat menjadi pilihan sekunder. UMEDS direkomendasikan untuk menerapkan strategi selama 2,5 tahun untuk mengembangkan platform belajarnya melalui pengembangan bertahap, pemasaran strategis, dan peningkatan pengguna, dengan menggunakan analisis ADDIE model dan REAIM framework