COVER A.A. Sutadi Saputra
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza BAB 1 A.A. Sutadi Saputra
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza BAB 2 A.A. Sutadi Saputra
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza BAB 3 A.A. Sutadi Saputra
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza BAB 4 A.A. Sutadi Saputra
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza BAB 5 A.A. Sutadi Saputra
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza PUSTAKA A.A. Sutadi Saputra
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza
UMEDS (Your Medical Learning Solutions) adalah platform online yang bertujuan untuk
meningkatkan kualitas pendidikan kedokteran dengan menggabungkan teknologi modern,
sumber daya pendidikan yang luas, dan pengalaman belajar interaktif untuk memperkuat
kemampuan mahasiswa kedokteran dan penyedia layanan kesehatan. Setelah meluncurkan
aplikasi belajar pada Februari 2023, UMEDS mengalami tantangan dalam mencapai
pertumbuhan bisnis. Untuk menyelesaikan hal ini, tim co-founder UMEDS melakukan
wawancara pengguna dan Focus Group Discussion (FGD) menggunakan data kinerja
perusahaan dari dua kuartal sebelumnya untuk mengidentifikasi Product-market fit.
Evaluasi secara sistematis di bidang studi pendidikan kedokteran dan tinjauan komprehensif
menggunakan metodologi Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and MetaAnalyses (PRISMA). Sistem skoring Medical Education Research Study Quality Instrument
(MERSQI) digunakan untuk mengidentifikasi karakteristik pembelajaran yang potensial untuk
pengembangan produk pada studi yang mendapatkan skor tertinggi. Analisis ini memimlih
lima alternatif untuk evaluasi lebih lanjut menggunakan metode Simple Multi-Attribute Rating
Technique (SMART). Kriteria penilaian dibagi menjadi pertimbangan biaya dan manfaat.
Penilaian biaya berdasarkan Levin's Framework for Cost Ingredients in Standard Educational
Interventions mencakup faktor seperti biaya fasilitas, biaya karyawan, biaya peralatan alat
dan bahan, biaya kebutuhan klien, dan biaya program lainnya. Pertimbangan manfaat
dikategorikan menjadi delapan sub kategori berdasarkan Rubrik eLearning Evaluation,
mencakup fungsionalitas, aksesibilitas, aspek teknis, desain seluler, privasi, perlindungan data
dan hak, manfaat sosial, manfaat pengajaran, dan manfaat kognitif.
Kerangka evaluasi komprehensif bertujuan untuk memandu pemilihan alternatif yang paling
efektif untuk pengembangan produk UMEDS. Berdasarkan analisis SMART, Simulasi Virtual
3D (Alternatif 4) sebagai pilihan terbaik untuk pengembangan produk pendidikan kedokteran,
dengan manfaat agregat yang signifikan sebesar 67,2464. Selain itu, Alternatif 1, Platform
Pembelajaran Adaptif, memiliki nilai analisa stabilitas yang baik, fitur ini dapat menjadi
pilihan sekunder. UMEDS direkomendasikan untuk menerapkan strategi selama 2,5 tahun
untuk mengembangkan platform belajarnya melalui pengembangan bertahap, pemasaran
strategis, dan peningkatan pengguna, dengan menggunakan analisis ADDIE model dan REAIM framework