digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pada hakikatnya, manusia adalah mahluk yang tidak pernah berhenti belajar. Lingkungan belajar (learning environment) pertama yang seseorang temui adalah lingkungan keluarga. Selanjutnya lingkungan pendidikan menjadi jembatan seorang anak untuk menjawab tantangan dari perubahan zaman yang semakin kompleks. Bentuk wadah fisik dari learning environment adalah learning space. Sayangnya bentuk learning space yang paling umum ditemui adalah ruang kelas yang terdiri dari ruangan yang diisi oleh deretan kursi yang padat. Ruangan seperti ini tidak memancing semangat belajar dari siswa maupun semangat mengajar dari dosen. Dengan perkembangan zaman yang cepat, perkembangan learning space dirasakan belum dapat menyeimbangi tantangan dan kompleksitas yang diberikan oleh pergerakan zaman. Di sisi lain, pergerakan keilmuan dari belajar dan mengajar, yaitu pedagogi, semakin dirasa relevan dengan keadaan dunia pendidikan masa kini. Salah satu bentuk lingkungan pendidikan adalah jenjang pendidikan tingkat lanjut, contohnya universitas, sekolah keahlian dan sekolah tinggi lainnya. Tujuan dari perancangan gedung fakutas psikologi ini adalah menghasilkan rancangan fakultas psikologi yang menjadikan kegiatan belajar dan mengajar sebagai poros perancangan. Serta merancang satu kesatuan learning space yang dapat memancing semangat belajar siswa melalui pendekatan pedagogi baik secara formal maupun informal. Metode pendekatan yang digunakan adalah kualitatif eksploratif, dengan penjabaran sebagai berikut, pertama-tama dilakukan pejabaran masalah dan kemudian dilakukan pengumpulan data sekunder melalui studi literatur, dan data primer melalui wawancara kepada narasumber sebagai mahasiswa dan juga dari sudut pandang dosen, serta dilakukan survey lapangan. Dari hasil perancangan ini, dihasilkan rancangan bangunan fakultas psikologi sebagai satu kesatuan learning space yang hidup. Perancangan mengutamakan pedagogi sebagai poros perancangan sehingga ruang-ruang yang terbentuk didalamnya mewadahi dan berpusat pada ruang pembelajaran baik formal maupun infromal.