Pada hakikatnya, manusia adalah mahluk yang tidak pernah berhenti belajar.
Lingkungan belajar (learning environment) pertama yang seseorang temui adalah
lingkungan keluarga. Selanjutnya lingkungan pendidikan menjadi jembatan
seorang anak untuk menjawab tantangan dari perubahan zaman yang semakin
kompleks. Bentuk wadah fisik dari learning environment adalah learning space.
Sayangnya bentuk learning space yang paling umum ditemui adalah ruang kelas
yang terdiri dari ruangan yang diisi oleh deretan kursi yang padat. Ruangan seperti
ini tidak memancing semangat belajar dari siswa maupun semangat mengajar dari
dosen. Dengan perkembangan zaman yang cepat, perkembangan learning space
dirasakan belum dapat menyeimbangi tantangan dan kompleksitas yang
diberikan oleh pergerakan zaman. Di sisi lain, pergerakan keilmuan dari belajar
dan mengajar, yaitu pedagogi, semakin dirasa relevan dengan keadaan dunia
pendidikan masa kini. Salah satu bentuk lingkungan pendidikan adalah jenjang
pendidikan tingkat lanjut, contohnya universitas, sekolah keahlian dan sekolah
tinggi lainnya. Tujuan dari perancangan gedung fakutas psikologi ini adalah
menghasilkan rancangan fakultas psikologi yang menjadikan kegiatan belajar
dan mengajar sebagai poros perancangan. Serta merancang satu kesatuan learning
space yang dapat memancing semangat belajar siswa melalui pendekatan pedagogi
baik secara formal maupun informal.
Metode pendekatan yang digunakan adalah kualitatif eksploratif, dengan
penjabaran sebagai berikut, pertama-tama dilakukan pejabaran masalah dan
kemudian dilakukan pengumpulan data sekunder melalui studi literatur, dan data
primer melalui wawancara kepada narasumber sebagai mahasiswa dan juga dari
sudut pandang dosen, serta dilakukan survey lapangan. Dari hasil perancangan ini,
dihasilkan rancangan bangunan fakultas psikologi sebagai satu kesatuan learning
space yang hidup. Perancangan mengutamakan pedagogi sebagai poros
perancangan sehingga ruang-ruang yang terbentuk didalamnya mewadahi dan
berpusat pada ruang pembelajaran baik formal maupun infromal.
Perpustakaan Digital ITB