digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Dokumen Asli
PUBLIC Open In Flipbook Dessy Rondang Monaomi

Keberhasilan sektor pendidikan terkait erat dengan keterampilan pendidik, baik secara langsung maupun tidak langsung. Pada abad ke-21, pendidik dituntut menguasai berbagai keterampilan seiring dengan perkembangan teknologi dan metode pengajaran. Dari studi literatur model dan kerangka kerja keterampilan yang ada memiliki klasifikasi beragam, sulit dipahami, dan belum optimal sebagai acuan implementasi maupun pengukuran kematangan. Identifikasi keterampilan dengan pendekatan meta-sintesis dan teknik snowballing menghasilkan 36 keterampilan esensial dalam praktik pengajaran. Untuk menguji relevansi keterampilan, dilakukan studi pendahuluan menggunakan metode kuantitatif, yang direspons oleh 110 dosen yang diperoleh melalui teknik pengambilan sampel snowball. Sekitar 96,77% menilai keterampilan yang diusulkan relevan dengan kebutuhan pendidik saat ini. Keterampilan juga berhasil dipetakan dalam 3 domain utama yakni, keterampilan teknis (hard skills), keterampilan intrapersonal (soft skills), dan keterampilan interpersonal (humanistic skills). Untuk mengukur kematangan keterampilan yang ada, penelitian ini juga menghasilkan model kematangan keterampilan pendidik. Level kematangan mengadopsi People Capability Maturity Model (PCMM) dan ISO/IEC 33020:2019. Model juga berhasil dipetakan ke beberapa standar dan framework yang ada, termasuk The New Skills Now Taxonomy (Accenture), DigCompEdu Proficiency Levels, Australian Professional Standards for Teachers, Technology Interaction Matrix (TIM), dan International Society for Technology in Education (ISTE) standards for educator. Keterampilan berhasil dipetakan ke dalam 6 karakteristik utama model Smart Learning Environment (SLE) sekaligus mengusulkan karakteristik baru yakni, human resources. Model terdiri dari 105 parameter, diverifikasi dengan metode penilaian ahli dan divalidasi terhadap 211 pendidik (dosen). Penelitian ini berhasil mengembangkan sebuah model keterampilan pendidik untuk mengidentifikasi keterampilan yang diperlukan oleh pendidik dalam melaksanakan pengajaran di perguruan tinggi.