digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

abstrak_indonesia1.pdf
PUBLIC karya

Tesis
PUBLIC karya

Setiap perusahaan menginginkan bisnis mereka berjalan dengan baik dan dapat bertahan dalam persaingan. Untuk mencapai keinginan tersebut diperlukan strategi yang tepat dalam menjalankan proses bisnisnya. Salah satu pendekatan awal untuk melakukan strategi tersebut yaitu dengan menganalisis faktor lingkungan perusahaan ada dua jenis yaitu faktor internal dan eksternal. Untuk faktor eksternal perusahaan, analisis strategi dapat menggunakan metode yang ada pada competitive intelligence yaitu analisis PEST dan SWOT. Salah satu metode yang fokus terhadap faktor eksternal adalah analisis SWOT dengan menggunakan metode External Factors Analysis Summary (EFAS). Penelitian ini berfokus pada penentuan metrik EFAS dengan menggunakan data dari judul berita online sebagai sumber penentuan opportunity dan threat. Penentuan metrik EFAS dilakukan dengan dua modul utama yaitu modul text mining dan modul penentuan prioritas yang menggunakan algoritma AHP atau TOPSIS. Judul yang diperoleh dari situs online diklasifikasikan dengan menggunakan text mining kemudian diberi bobot prioritas dengan menggunakan algoritma AHP atau TOPSIS. Hasilnya diterapkan ke dalam metrik EFAS. Hasil penelitian menunjukkan modul text mining dan modul penentuan prioritas dapat diterapkan pada metrik EFAS dengan tingkat akurasi 75%. Sementara hasil eksperimen modul text mining menghasilkan algoritma SVM sebagai yang terbaik dengan nilai F-Measure sebesar 0.782.