Setiap perusahaan menginginkan bisnis mereka berjalan dengan baik dan dapat
bertahan dalam persaingan. Untuk mencapai keinginan tersebut diperlukan strategi
yang tepat dalam menjalankan proses bisnisnya. Salah satu pendekatan awal untuk
melakukan strategi tersebut yaitu dengan menganalisis faktor lingkungan
perusahaan ada dua jenis yaitu faktor internal dan eksternal. Untuk faktor eksternal
perusahaan, analisis strategi dapat menggunakan metode yang ada pada competitive
intelligence yaitu analisis PEST dan SWOT. Salah satu metode yang fokus terhadap
faktor eksternal adalah analisis SWOT dengan menggunakan metode External
Factors Analysis Summary (EFAS).
Penelitian ini berfokus pada penentuan metrik EFAS dengan menggunakan data
dari judul berita online sebagai sumber penentuan opportunity dan threat.
Penentuan metrik EFAS dilakukan dengan dua modul utama yaitu modul text
mining dan modul penentuan prioritas yang menggunakan algoritma AHP atau
TOPSIS. Judul yang diperoleh dari situs online diklasifikasikan dengan
menggunakan text mining kemudian diberi bobot prioritas dengan menggunakan
algoritma AHP atau TOPSIS.
Hasilnya diterapkan ke dalam metrik EFAS. Hasil penelitian menunjukkan modul
text mining dan modul penentuan prioritas dapat diterapkan pada metrik EFAS
dengan tingkat akurasi 75%. Sementara hasil eksperimen modul text mining
menghasilkan algoritma SVM sebagai yang terbaik dengan nilai F-Measure sebesar
0.782.