digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Struktur Atom, Sistem Periodik, Ikatan Kimia (SASPIK) mengandung konsep kimia yang abstrak dan konsep-konsep yang membutuhkan daya imajinasi. Ketiga bahan ajar tersebut sangat berhubungan erat antara satu dengan yang lainnya. Bagi siswa SMA kesukaran dalam memahami konsep ini disebabkan oleh daya imajinasi dalam bentuk Tiga Dimensi (3D) yang belum terlatih, motivasi membaca serta kemampuan dalam memahami hubungan antar konsep yang masih rendah. Untuk mengatasi hal tersebut dikembangkan media pembelajaran berbasis Information & Communication Technology (ICT), yang menggunakan software presentasi (misalnya Powerpoint dan Camtasia), tampilan 3D (misal VRML Files), sistem latihan dengan umpan balik yang interaktif (misalnya menggunakan Hotpotatoes), dan software perangkat pengembang media pembelajaran (seperti Exelearning). Media tersebut bersifat interaktif, dan dilengkapi dengan sistim umpan balik (berupa antara lain soal-soal latihan) agar dapat meningkatkan keterserapan materi pembelajaran. Dengan media pembelajaran ini siswa dapat meningkatkan kemampuan imajinasi struktur 3D dalam dunia atom dan molekul sehingga dapat memahami konsep dan prinsip SASPIK dengan lebih baik. Media pembelajaran ini diujicobakan terhadap guru kimia dan siswa dengan menggunakan angket untuk memperoleh umpan balik yang diperlukan bagi penyempurnaan media. Penelitian yang dilakukan bermuara pada kesimpulan bahwa media pembelajaran ini dapat meningkatkan pemahaman terhadap materi struktur atom dan ikatan kimia, sedangkan materi sistem periodik dinilai dapat menghasilkan pencapaian yang sama dengan pendekatan tatap muka tradisional.