digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Creator makerspace adalah sebuah ruang kreatif yang digunakan oleh orang-orang untuk membuat produk, mengembangkan produk, dan bisnis. Nama Creator Makerspace diambil dari istilah menciptakan, membuat sesuatu. Creator Makerspace tidak hanya berfokus pada membuat produk, namun creator Makerspace juga memiliki jiwa kreatif, cerdas, dan aktif yang dimiliki oleh golongan millennials. Creator Makerspace hadir dan berafiliasi dengan budaya dan social yang ada di kota Bandung dan sekitarnya. Creator makerspace adalah ruang interaksi dan kreasi bagi masyarakat, professional, praktisi, bahkan akademisi untuk berkolaborasi menciptakan ruang lingkup kreatif. Kami menginspirasi setiap individu untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya. Kami menyediakan riset dan kelas praktik . Creator Makerspace menyediakan 5 struktur kreatif sebagai konten dasar workshop, Yaitu : workshop class, guest workshop, talkshow, events, dan business incubation. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk merumuskan metode strategi pemasaran secara terpadu yang sesuai bagi Creator Makerspace untuk bisa meningkatkan merek, meningkatkan target penjualan, dan meningkatkan angka penjualan servis dan produk dengan cara pengimplementasian strategi komunikasi pemasaran. Penelitian ini menggunakan analisis kondisi internal dan external pada Creator Makerspace. Analisis internal yang digunakan meliputi Marketing mix ( 4Ps ), Marketing Communication Mix, dan analisis STP. Untuk Analisis internal menggunakan customer analisis, analisis competitor, dan analisis Porters 5 Forces. Hasil analisis ini digunakan Creator Makerspace untuk untuk memiliki strategi komunikasi pemasaran yang tepat, dan masalah apa saja yang dihadapi dengan penambahan analisis menggunakan analisisi root cause dan strategi IMC. Hasil penelitian menjadi pengurai permasalahan yang didapat seperti, membangun keasadaran merek, promosi penjualan, engagement dengan pengguna, dan penggunaan social media. Solusi yang digunakan adalah menggunakan influencer dan endorsement sebagai alat promosi penjualan, memaksimalkan penggunaan social media seperti Instagram, line, whatsapp, facebook, dan menggunakan video content marketing di youtube, igtv, vimeo. Hal ini dilakukan unyuk meningkatkan brand awareness dan ekosistem bisnis kretif yang terbangun.