digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Industri kreatif di Indonesia memiliki kemajuan setiap tahunnya. Ekonomi yang berbasis ide kreatif dan inovatif ini, memiliki peluang untuk perkembangan kompetisi dalam produk Indonesia. Fashion adalah salah satu sektor dalam ekonomi kreatif yang memberikan kontribusi besar bagi PDB Indonesia. Kemajuan industri mode juga didukung oleh media sosial dan acara seperti bazaar, fashionweek, pameran dan pertemuan komunitas yang diadakan di kota besar oleh promotor lokal. Dengan hype industri fashion di Indonesia, persaingan juga semakin ketat. WOODKA bersaing di industri fashion Indonesia melalui jam tangan kayu yang dipadukan dengan starp yang dapat di lepas-pasang. Untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat di industri fashion WOODKA ingin meningkatkan penjualan melalui analisis kondisi bisnis saat ini. Pertama, peneliti menggunakan analisis SWOT untuk mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal. Analisis internal berisi bauran pemasaran dan STP saat ini, sedangkan eksternal berisi Analisis PEST, Analisis Lima Kekuatan Porter, Analisis Pesaing, dan Analisis Konsumen. Analisis konsumen meliputi pengelompokan konsumen dan mengukur persepsi dan motivasi pelanggan. Dari analisis SWOT, solusi yang diusulkan diperoleh melalui konversi analisis SWOT menjadi analisis TOWS. Dari analisis TOWS, solusi yang diajukan untuk WOODKA adalah strategi untuk meningkatkan penjualan produk. Strateginya adalah duta merek baru, promosi penjualan di toko, dan item edisi terbatas. Dengan menerapkan strategi ini, WOODKA diharapkan untuk memperoleh penjualan dan meningkatkan pendapatan toko offline