2019_TA_PP_SHIDDIQ_IBRAHIM_1-ABSTRAK.pdf
Terbatas  Taupik Abidin
» Gedung UPT Perpustakaan
» SBM
Terbatas  Taupik Abidin
» Gedung UPT Perpustakaan
» SBM
SK Final Project Shiddiq Ibrahim - 19214004.pdf
PUBLIC Taupik Abidin
Peningkatan laju pertumbuhan penduduk akan menyebabkan peningkatan kebutuhan rumah.
Salah satu kebutuhan utama manusia adalah kebutuhan tempat tinggal. Sebagai tempat tinggal,
hunian adalah salah satu kebutuhan primer selain kebutuhan makanan dan pakaian. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui preferensi konsumen pada pembelian rumah hunian di wilayah
Cimahi, aplikasi dengan analisis faktor. Permasalahan yang ingin dipecahkan adalah masih
terbatasnya pedoman dasar untuk menciptakan strategi pemasaran yang didasarkan pada
preferensi konsumen ketika melakukan penelusuran untuk mencari rumah hunian yang mereka
butuhkan. Dengan membuat strategi pemasaran yang efektif dan efisien berdasarkan kebutuhan
konsumen akan rumah hunian, dengan tujuan untuk menyelaraskan antara kebutuhan konsumen
dengan produk yang dibutuhkan adalah salah satu hal yang ingin dipecahkan. Masih terbatasnya
pedoman mengenai fitur penting apa yang dibutuhkan dari rumah hunian akan berakhir dengan
penurunan harapan konsumen, yang akan berdampak pada citra dan kepercayaan perusahaan.
Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan aplikasi analisis faktor,
yaitu metode penelitian berdasarkan filosofi positivisme, digunakan untuk menguji populasi atau
sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian analisis data kuantitatif/
statistik, dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditentukan. Hasil dari penelitian ini
menunjukkan bahwa faktor dominan yang mendorong konsumen untuk membeli rumah hunian
adalah faktor rumah yang terjangkau dan berkualitas yang dapat mendorong konsumen dalam
memutuskan pembelian rumah hunian. Berdasarkan kesimpulan dari hasil penelitian, saran untuk
penelitian ini, merujuk pada faktor dominan yang mendorong konsumen untuk membeli rumah
hunian adalah rumah yang terjangkau dan berkualitas, saran yang dapat diberikan oleh peneliti
adalah promosi dan optimalisasi pemasaran berdasarkan faktor indikator rumah yang terjangkau
dan berkualitas. Indikator-indikator ini dapat digunakan dalam kegiatan promosi dan pemasaran,
karena responden memiliki persepsi positif tentang rumah yang terjangkau dan berkualitas. Oleh
karena itu promosi yang akan dilakukan harus menunjukkan kualitas produk dan penekanan pada
harga yang terjangkau. Proses implementasi dari penelitian ini juga harus dilakukan berdasarkan
nilai-nilai dari perusahaan itu sendiri.