digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2019_TA_PP_SHIDDIQ_IBRAHIM_1-ABSTRAK.pdf
Terbatas  Taupik Abidin
» Gedung UPT Perpustakaan
» SBM


Peningkatan laju pertumbuhan penduduk akan menyebabkan peningkatan kebutuhan rumah. Salah satu kebutuhan utama manusia adalah kebutuhan tempat tinggal. Sebagai tempat tinggal, hunian adalah salah satu kebutuhan primer selain kebutuhan makanan dan pakaian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi konsumen pada pembelian rumah hunian di wilayah Cimahi, aplikasi dengan analisis faktor. Permasalahan yang ingin dipecahkan adalah masih terbatasnya pedoman dasar untuk menciptakan strategi pemasaran yang didasarkan pada preferensi konsumen ketika melakukan penelusuran untuk mencari rumah hunian yang mereka butuhkan. Dengan membuat strategi pemasaran yang efektif dan efisien berdasarkan kebutuhan konsumen akan rumah hunian, dengan tujuan untuk menyelaraskan antara kebutuhan konsumen dengan produk yang dibutuhkan adalah salah satu hal yang ingin dipecahkan. Masih terbatasnya pedoman mengenai fitur penting apa yang dibutuhkan dari rumah hunian akan berakhir dengan penurunan harapan konsumen, yang akan berdampak pada citra dan kepercayaan perusahaan. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan aplikasi analisis faktor, yaitu metode penelitian berdasarkan filosofi positivisme, digunakan untuk menguji populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian analisis data kuantitatif/ statistik, dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditentukan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor dominan yang mendorong konsumen untuk membeli rumah hunian adalah faktor rumah yang terjangkau dan berkualitas yang dapat mendorong konsumen dalam memutuskan pembelian rumah hunian. Berdasarkan kesimpulan dari hasil penelitian, saran untuk penelitian ini, merujuk pada faktor dominan yang mendorong konsumen untuk membeli rumah hunian adalah rumah yang terjangkau dan berkualitas, saran yang dapat diberikan oleh peneliti adalah promosi dan optimalisasi pemasaran berdasarkan faktor indikator rumah yang terjangkau dan berkualitas. Indikator-indikator ini dapat digunakan dalam kegiatan promosi dan pemasaran, karena responden memiliki persepsi positif tentang rumah yang terjangkau dan berkualitas. Oleh karena itu promosi yang akan dilakukan harus menunjukkan kualitas produk dan penekanan pada harga yang terjangkau. Proses implementasi dari penelitian ini juga harus dilakukan berdasarkan nilai-nilai dari perusahaan itu sendiri.