2014_TA_PP_REINA_RIVENSKA_DISSA_1-COVER.pdf
Terbatas  suwadji
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  suwadji
» Gedung UPT Perpustakaan
2014_TA_PP_REINA_RIVENSKA_DISSA_1-BAB_1.pdf
Terbatas  suwadji
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  suwadji
» Gedung UPT Perpustakaan
2014_TA_PP_REINA_RIVENSKA_DISSA_1-BAB_2.pdf
Terbatas  suwadji
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  suwadji
» Gedung UPT Perpustakaan
2014_TA_PP_REINA_RIVENSKA_DISSA_1-BAB_3.pdf
Terbatas  suwadji
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  suwadji
» Gedung UPT Perpustakaan
2014_TA_PP_REINA_RIVENSKA_DISSA_1-BAB_4.pdf
Terbatas  suwadji
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  suwadji
» Gedung UPT Perpustakaan
2014_TA_PP_REINA_RIVENSKA_DISSA_1-PUSTAKA.pdf
Terbatas  suwadji
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  suwadji
» Gedung UPT Perpustakaan
Seiring dengan meningkatnya pertumbuhan Kota Jakarta dan kapasitas kota yang kurang
memadai dalam menampung pendatang yang bekerja dan tinggal, Kota Bekasi sebagai
bagian dari kota aglomerasi Jadebotabek memiliki peran penting sebagai tempat tinggal
bagi para pekerja Ibukota Jakarta. Namun, adanya kota aglomerasi sekitar Jakarta
menimbulkan kemacetan pada peak hour yang merupakan waktu untuk bekerja dan pulang
dari pekerjaannya masing-masing. Pemanfaatan transportasi publik secara maksimal
mampu membantu mengurangi beban kemacetan dan kepadatan yang terjadi, sehingga
ttransportasi umum masal seperti angkot, bus, dan terutama kereta menjadi pilihan bagi
yang akan melaksanakan rutinitasnya. Agar semakin meningkatkan animo masyarakat, PT
Kereta Api Indonesia (persero) memperbaiki sistem KRL yang menghubungkan kota
Jakarta dengan aglomerasinyanya. Selain itu, proyek double-double track yang bekerja
sama dengan Japan International Cooperation Agency untuk dapat meningkatkan
pelayanan kereta api secara keseluruhan, terutama jalur Cikarang – Bekasi – Manggarai.
Untuk dapat menjawab tantangan kebutuhan di masa mendatang, stasiun Bekasi perlu
adanya peningkatan pelayanan penumpang yang semakin tumbuh setiap tahun.
Tujuan proyek Redesain Stasiun Bekasi ini adalah untuk merancang sebuah stasiun yang
dapat menampung fungsi utama sebagai stasiun kereta api dengan jumlah penumpang yang
bertambah, serta integrasi kendaraan umum lain yang menghubungkan Kota Bekasi sendiri
dengan stasiun yang menghubungkan Kota Bekasi dengan Ibukota Jakarta. Dengan konsep
massa yang unik memberikan identitas baru bagi Stasiun Bekasi sebagai gerbang
penghubung Bekasi dan Jakarta. Selain itu adanya ruang publik sebagai simpul pertemuan
antara kendaraan umum lainnya di Bekasi memaksimalkan potensi dari bangunan sebagai
salah satu simpul Kota Bekasi.
Perpustakaan Digital ITB