digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Bandara Sultan Thaha Jambi adalah salah satu proyek pionir dalam pengembangan bandara di Indonesia. Salah satu struktur utama bandara adalah terminal penumpang. Dalam desain terminal penumpang ini, masalah yang dihadapi adalah desain jarak antar kolom daram arah sumbu X sepanjang 20 m, dan desain atap dengan bentuk gelombang menggunakan profil baja. Desain terminal penumpang juga didesain terhadap ketahanan gempa sesuai SNI 1726:2012. Daerah Jambi memiliki resiko gempa yang cukup besar, dengan kondisi desain terminal penumpang ini masuk dalam katergori desain seismik D. Untuk mengatasi masalah tersebut, struktur penumpang didesain menggunakan sistem rangka pemikul momen khusus, dengan elemen struktur balok induk bentang panjang dalam arah sumbu X menggunakan sistem beton prategang dengan metode precast dan post-tension. Untuk desain rangka atap, digunakan sistem atap rangka ruang, dengan sistem joint MERO. Pada hasil desain, dihasilkan desain detail struktur terminal penumpang dengan sistem rangka pemikul momen khusus, dengan desain balok prategang dan atap rangka ruang yang tahan terhadap gempa sesuai ketentuan yang digunakan.