digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak Robby Hardian 27116073.pdf
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos

Kurangnya perhatian para pengajar di Kabupaten Tegal terhadap penguasaan hitung aritmatika dasar secara intuitif menyebabkan gagap hitung masih banyak ditemukan di kalangan siswa kelas 6 Sekolah Dasar kabupaten Tegal. Demikian halnya dengan penguasaan matematika di SDN MKK 9 Tegal. Gagap hitung merupakan kondisi lambat berhitung. Untuk mengatasi gagap hitung ini salah satu instrument yang dapat digunakan adalah Test of Second Mathematics. TOSM merupakan instrument dari Matematika Detik berupa lembar ukur yang diperuntukkan meningkatkan kecepatan hitung aritmatika dasar. Selain dalam bentuk versi cetak (tertulis), TOSM juga telah dibuat dalam versi aplikasi mobile. Namun karena keterbatasan visual, baik TOSM tertulis maupun aplikasi membuat siswa lama kelamaan menjadi jenuh dan bosan. Melihat kepopuleran game mobile dan kemudahan mendapatkannya, maka TOSM diadopsikan ke dalam mobile edugame dengan gaya visual yang lebih menarik. Melalui pendekatan game, siswa tidak akan sadar sedang melakukan TOSM. Hasil perancangan mobile edugame menunjukkan bahwa siswa SDN MKK 9 Tegal merasa lebih nyaman dan rileks saat mengerjakan TOSM dalam bentuk edugame. Pengadopsian TOSM ke dalam edugame memberikan aspek hiburan tanpa meninggalkan tujuan awal dari perancangan edugame yakni sebagai media belajar aritmatika dasar secara intuitif.