Pertumbuhan jumlah kendaraan setiap tahunnya mengalami peningkatan. Peningkatan jumlah kendaraan berbanding lurus dengan tingkat kemacetan yang terjadi. Salah satu solusi dalam penyelesaian masalah tersebut adalah dengan menerapkan transportasi umum seperti metro kapsul. Untuk menjamin keamanan operasi metro kapsul, perancangan metro kapsul harus memenuhi persyaratan dari standar. Laporan tugas sarjana ini berisi analisis kekuatan bolster frame, knuckle-flange, dan stabilizer berdasarkan PM Perhubungan No 175 Tahun 2015, standar UIC 615-1, dan standar UIC 615-4.
Tujuan dari penelitiann ini adalah memperoleh karakteristik bolster frame, knuckle-flange, dan stabilizer akibat pembebanan statik yang dinyatakan dalam nilai tegangan maksimum. Tingkat keamanan struktur ditentukan berdasarkan pada kriteria standar.
Berdasarkan hasil analisis PM Perhubungan No 175 Tahun 2015, struktur bolster frame perlu dilakukan modifikasi pada sambungan pipa schwab. Kemudian hasil simulasi bolster frame yang telah dimodifikasi menunjukkan tegangan maksimum yang terjadi adalah 199 MPa. Selain itu, untuk komponen knuckle-flange dudukan motor menunjukkan tegangan maksimum terjadi adalah 175 MPa dan knuckle-flange dudukan rem menunjukkan tegangan maksimum terjadi adalah 190 MPa. Sedangkan, untuk komponen stabilizer didapatkan nilai tegangan maksimum sebesar 686 MPa. Sehingga komponen bolster frame yang telah dimodifikasi, knuckle-flange, dan stabilizer dapat dinyatakan memenuhi standar UIC 614 dan PM Perhubungan No 175 Tahun 2015.
Perpustakaan Digital ITB