digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Sebagai salah satu eksportir terbesar minyak kelapa sawit (CPO) di dunia, Indonesia memiliki luas lahan yang besar. Tersebarnya luas lahan tersebut dan dipisahkan oleh perairan merupakan suatu halangan. Oleh karena itu dibangunnya pelabuhan curah cair untuk terminal CPO di teluk tambu, Sulawesi Tengah merupakan suatu kebutuhan. Dermaga yang dirancang adalah dermaga tipe dolphin. Lingkup pembahasan tugas akhir ini meliputi pengolahan data lingkungan, kriteria desain struktur dermaga, perhitungan beban-beban pada dermaga, penentuan dimensi dermaga, analisis struktur dermaga, desain penulangan elemen struktur dermaga, serta analisis daya dukung tanah. Acuan desain dermaga tugas akhir ini menggunakan dokumen British Standard. Sedangkan, kriteria desain elemen struktural menggunakan dokumen Standar Nasional Indonesia (SNI). Dermaga dolphin yang didesain terdidiri dari empat struktur, yaitu loading platform, berthing dolphin, mooring dolphin, dan trestle. Struktur kemudian Dianalisis menggunakan permodelan perangkat lunak SAP2000 utuk mengetahui kehandalan struktur desain terhadap beban yang bekerja. Hasil dari pemodelan berupa unity check ratio, defleksi struktur, gaya dalam, dan reaksi peletakan. Perancangan dilakukan untuk mendapat desain struktur yang handal, nilai UCR harus dibawah 1.0 dan defleksi tidak boleh melebihi batasnya. Hasil dari Tugas akhir ini berupa suatu rancangan dermaga tipe dolphin yang terdiri dari 4 struktur. Rancangannya meliputi dimensi masing-masing struktur, dimensimasing-masing elemen strukturalnya, detail penulangan pada elemen struktur yang diperlukan berdasarkan gaya dalam yang bekerja, dan kedalaman rencana pemancangan yang mampu menahan reaksi struktur.