digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Perkembangan teknologi meningkat pesat akhir-akhir ini di berbagai bidang. Pada bidang pertanian khususnya, penggunaan mobile learning masih terbilang jarang untuk penyebaran pengetahuan. Masih kurangnya informasi, minat, kesesuaian materi dan kesadaran untuk terus menggunakan mobile learning menjadi isu di lapangan. Oleh karena itu, penelitian ini fokus pada pengembangan mobile learning system untuk meningkatkan antusiasme, minat dan kesadaran petani dengan penggunaan desain instruksional ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) dan desain sistem persuasif, diharapkan mampu mengatasi isu di atas. Berdasarkan hasil percobaan dengan Technology Acceptance Model (TAM), telah dikonfirmasi bahwa dari penggunaan 24 variabel hipotesis yang telah dibuat, 17 variabel hipotesis bernilai positif. Hasil penelitian secara prediktif menunjukkan bahwa dengan tingkat kepercayaan 95% 17 variabel hipotesis mendukung variabel behavioral intention. Secara deskriptif statistik menunjukkan bahwa 70,4% petani setuju untuk terus menggunakan mobile learning.