digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Jumlah kendaraan dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan. Semakin bertambahnya jumlah kendaraan, kemacetan pun juga semakin meningkat. Solusi untuk permasalahan tersebut adalah dengan penerapan transportasi umum seperti metro kapsul. Perancangan metro kapsul harus memenuhi persyaratan dari standar untuk menjamin keamanan pengoperasiannya. Salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah aspek kekuatan struktur. Laporan tugas sarjana ini berisi analisis kekuatan bogie frame metro kapsul berdasarkan Peraturan Menteri No 175 Tahun 2015 dan standar UIC 615-4. Tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh karakteristik bogie frame akibat pembebanan statik yang dinyatakan dalam nilai tegangan dan deformasi maksimum. Tingkat keamanan struktur ditentukan berdasarkan kriteria standar. Berdasarkan hasil analisis statik kasus pembebanan beban operasi dan beban berlebih berdasarkan standar UIC 615-4, struktur bogie frame perlu dilakukan modifikasi, terutama pada bagian dudukan air suspension. Kemudian hasil simulasi struktur bogie frame hasil modifikasi menunjukkan bahwa bogie frame memenuhi standar UIC 615-4 di semua kasus pembebanan. Tegangan maksimum yang terjadi adalah 350 MPa di lokasi pivot untuk kasus beban berlebih dan 321 MPa di lokasi dudukan air suspension untuk kasus beban operasi biasa. Deformasi paling besar terjadi pada load case 9 kasus beban operasi biasa sebesar 4,99 mm.