digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Salah satu komponen biaya dalam total biaya logistik adalah biaya transportasi. Untuk memperoleh biaya transportasi yang optimal, diperlukan perencanaan transportasi yang tepat terhadap penentuan rute dan penjadwalan kendaraan yang biasa disebut sebagai Masalah Rute Kendaraan (MRK). Pada penelitian ini telah dikembangkan model matematis dan algoritma pemecahan masalah pada kasus MRK yang mempertimbangkan rute majemuk, jendela waktu pelayanan, dan pengiriman-pengambilan barang secara simultan pada lebih dari satu depot atau depot majemuk (MRK-RMJWPPSDM). Fungsi tujuan formulasi matematis pada penelitian ini adalah meminimumkan biaya perjalanan selama horizon perencanaan dengan meminimumkan jumlah kendaraan yang digunakan dan waktu durasi tur total. Pada algoritma pemecahan masalah, pembangkitan solusi rute awal dilakukan menggunakan metode heuristik Sequential Insertion. Solusi rute awal ini kemudian akan diperbaiki untuk mendapatkan solusi layak yang lebih baik dengan menggunakan algoritma Particle Swarm Optimization. Algoritma Sequential Insertion dan Particle Swarm Optimization digunakan untuk mencari solusi dari masing-masing depot dengan cara mengelompokan (clustering) pelanggan-pelanggan yang paling dekat dengan depot tersebut. Kemudian hasil tersebut akan dicari solusi yang lebih baik dengan menggunakan algoritma Simulated Annealing dengan proses perbaikan menggunakan operator relocation dan swap. Algoritma yang dikembangkan menghasilkan waktu komputasi rata-rata yang lebih cepat dengan gap sebesar -99,0401 % dibandingkan dengan perhitungan solusi optimal secara analitik. Sedangkan jika dilihat dari nilai fungsi tujuan, perhitungan menggunakan algoritma mendekati hasil perhitungan solusi optimal secara analitik dengan gap sebesar 0,000213%.