PT. Miga Orricom Indonesia adalah perusahaan yang mendedikasikan dirinya dalam penyediaan alatalat
pengukuran listrik dan produk-produk nirkabel untuk melayani Perusahaan Listrik Negara (PLN)
dan sektor swasta lainnya sebagai mitra terdepan dalam memberikan solusi manajemen energy terkini.
Setelah tumbuh selama sepuluh tahun terakhir, pencapaian kinerja perusahaan turun di akhir tahun
2011, total penjualan turun dan merupakan level terendah dalam kurun lima tahun terakhir dan laba
bersih perusahaan turun dari rata-rata 9,3% menjadi hanya 3,5%. Perusahaan masih kesulitan dalam
memutuskan langkah ke depan karena belum ada rencana strategis yang dapat meminimalkan
ancaman dan memaksimalkan peluang.
Isi fundamental saat ini adalah bagaimana perusahaan dapat meminimalkan ‘gap’ strategi yang ada
antara apa yang dapat diberikan perusahaan dan apa yang dibutuhkan pasar. Isu bisnis dieksplorasi
dengan Model Manajemen Strategis. Hasilnya, ada beberapa faktor strategis seperti peluang revenue
assurance dan keberadaan produk yang belum tergantikan di pasar PLN yang dapat dimaksimalkan
dengan menggunakan kekuatan perusahaan yang dapat mengembangkan produk baru maupun layanan
baru.
Sesuai dengan diferensiasi perusahaan yang baru untuk melindungi revenue dari penjualan listrik di
pelanggan industry dan komersial serta posisi perusahaan yang baru di antara operation excellence
dan product leadership dengan visi perusahaan yang baru sebagai perusahaan swasta terbuka yang
mendedikasikan diri sebagai penyedia solusi pengukuran terintegrasi untuk keperluan revenue
assurance 21 TWh penjualan listrik PLN maupun swasta di segmen industri dan komersial pada tahun
2021. Strategi baru perusahaan yang diusulkan kepada direktur utama adalah strategi pertumbuhan
dengan mempertimbangkan eksposur untuk layanan pengukuran terintegrasi dan modem diusulkan
mencapai 70% dari total eksposur strategi pertumbuhan. Lalu sesuai dengan matrik BCG untuk
perusahaan dalam 3-6 tahun ke depan diusulkan untuk berubah dari area ‘question mark’ saat ini ke
area ‘stars’ dengan memperbaiki posisi portofolio produk dan solusi agar lebih kompetitif sesuai
dengan strategi bisnis ‘differentiation focus’.
Kebijakan strategis perusahaan untuk mengembangkan produk layanan atau solusi pada divisi teknik
disertai dengan penguatan kapabilitas sumber daya manusia di internal perusahaan telah berhasil
membawa perusahaan untuk merumuskan dan membuat prototype layanan pengukuran terintegrasi
dengan brand YANTI sebagai inisiatif strategis awal di PLN DJBB yang telah menyelesaikan tahap
implementasi di tahun pertama. Dashboard pemantauan program YANTI telah dikembangkan sesuai
dengan rencana strategis perusahaan yang baru.