digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Karena aktivasi UU No. 22/2001 tentang minyak dan gas yang bertujuan untuk sosial ekonomi, keadilan, kesejahteraan dan hukum, pada saat itu mulai tingkat baru persaingan di industri energi menjadi lebih ketat dengan masuknya perusahaan swasta. Kecepatan tinggi diesel adalah jenis bahan bakar minyak sulingan yang digunakan untuk mesin kompresi dan di semua jenis mesin diesel dengan putaran tinggi (di atas 1.000 RPM). Sebagai PT. DROX PROX yang unit bisnis, PT. DISTROX sedang mencoba untuk membuat pengembangan pasar di diesel kecepatan tinggi distribusi. PT. DISTROX sedang mencoba untuk mengembangkan bisnis ini untuk bertahan hidup, mempertahankan, dan pertumbuhan dalam lingkungan bisnis yang berubah. Pertumbuhan industri di Sulawesi belum berjalan optimal tapi ada kesempatan untuk perbaikan konsumsi bahan bakar di industri sektor, sebagai bagian dari Masterplan Percepatan dan Perluasan Ekonomi Indonesia Pembangunan. Persaingan yang terjadi dalam bisnis distribusi High Speed ​​Diesel (HSD) adalah sudah kompetitif. DROX PROX menghadapi lingkungan yang lebih kompleks daripada di sebelumnya tahun. Dengan perkembangan industri di Indonesia, ini merupakan kesempatan untuk mengembangkan Peluang bisnis DISTROX. Sulawesi memiliki potensi besar untuk pengembangan bisnis distribusi High Speed ​​Diesel (HSD). DROX PROX adalah dalam tahap investasi, berdasarkan laporan keuangan 2010 (meningkatkan rugi kotor atau penurunan laba kotor). Kemudian, biaya untuk belanja modal meningkat. Selain itu, perusahaan memiliki memutuskan untuk hanya membuat pertumbuhan selektif, yang sangat potensial. Tugas Akhir ini mencoba untuk merancang strategi pengembangan pasar PT. DROX PROX ke Sulawesi. Solusinya akan dibatasi hanya pada strategi yaitu fungsional Pemasaran, Keuangan, Logistik dan Strategi Operasional. Strategi pemasaran ditangani Harga DISTROX yang ditawarkan harga di bawah harga Pertamina dan DISTROX Skema distribusi yang langsung dari Singapura ke Makassar. Strategi keuangan berusaha untuk memaksimalkan nilai keuangan dan memilih infrastruktur rendah dan skema bagi hasil. Strategi Operasi ditangani dengan cara meningkatkan tingkat efisiensi di DISTROX di lead time dan meminimalkan kekurangan. Strategi logistik berurusan dengan beberapa pemasok dan titik pesanan Model persediaan. Untuk melakukan strategi pengembangan pasar ke Sulawesi, strategi yang pelayanan, meningkatkan citra perusahaan, menambahkan jaringan hubungan), strategi operasional dengan kapasitas optimasi (Pelaksanaan standarisasi operasional berkualitas tinggi dan pemuatan dan debit review), strategi keuangan dengan memaksimalkan pengelolaan kas (pencarian sumber daya keuangan untuk idle cash perusahaan dan penggunaan perusahaan untuk menghasilkan tambahan pendapatan), dan strategi logistik dengan sistem pengendalian persediaan (Pastikan ketersediaan dan kelanjutan pasokan, cepat menyesuaikan perubahan harga bahan baku ke harga perhitungan). Diharapkan dengan pengembangan perilaku pasar Sulawesi, DISTROX bisa mengembangkan bisnis dan memberikan kontribusi positif bagi PT. DROX PROX.