digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

BTC Fashion Mall merupakan salah satu mall yang beralamat di Jl. Dr. Djunjungan no.143-149 Bandung. BTC merupakan property komersil pertama dari PT. Bandung Inti Graha (PT. BIG) yang didirikan dengan konsep penempatan ruang usaha melalui system penyewaan (rental space). Semenjak awal berdirinya tahun 2003 sampai tahun 2009, BTC sudah melakukan tiga kali positioning yakni dari BTC Bandung Trade Centre, BTC Family Trade Mall, sampai yang terakhir adalah BTC Fashion Mall. Saat terjadi perubahan ke BTC Fashion Mall ternyata terjadi penurunan jumlah pengunjung selama periode Desember 2009 sampai Februari tahun 2010. Penelitian dilakukan di BTC Fashion Mal dengan tujuan yaitu untuk mengetahui penempatan posisi strategis bagi BTC dan bagaimana strategi implementasinya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara (bertanya ke pihak manajemen) dan kuesioner. Untuk kuesioner, teknik sampling yang digunakan yaitu teknik sampling purposive dengan jumlah sampel sebanyak 272 dari konsumen BTC. Eksplorasi dari isu bisnis dilakukan melalui 3 pendekatan yakni analisis societal melalui analisis PEST(pemerintah, ekonomi, sosial, dan teknologi), task melalui model Porter’s Five Forces, dan analisis IPA 4 (Important Performance Analysis 4 Kuadran) dengan tujuan menemukan akar permasalahan. Berdasarkan hasil dari analisis tersebut, akan dirumuskan strategi pengembangan BTC melalui strategi position dan strategi implementasinya. Strategi yang diusulkan untuk diimplementasikan adalah perubahan konsep pertokoan, gathering dengan tenant dimaksimalkan, membuat program marketing seperti midnight sale atau BTC club member, pembenahan hal-hal pada kuadran perbaikan di IPA 4 (Important Performance 4 Kuadran). Implementasi strategi dilakukan secara bertahap sesuai program kerja yang telah disusun.