digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Penggunaan teknologi informasi (TI) dalam menciptakan perubahan tingkah laku dan pengalaman pembelajar mempunyai banyak ragam, namun memiliki karakteristik dan tujuan yang hampir sama. Pada bagian lain, konvergensi layanan TI dan telekomunikasi dalam memenuhi kebutuhan pertukaran data, suara dan video telah mendorong terciptanya berbagai inovasi model pembelajaran. Konvergensi TI selanjutnya mendorong e-learning berevolusi menjadi mobile learning (m-Learning). Namun demikian, m-learning mempunyai berbagai keterbatasan, diantaranya dari aspek catu daya, layar, fitur yang terbatas, dan content yang bisa ditampilkan. Untuk itu, paper ini membahas pengembangan model aplikasi embeded learning system pada tablet untuk mengatasi keterbatasan tersebut. Metodologi pengembangan yang digunakan adalah object oriented design (OOD) yang digambarkan dalam bentuk diagram unified modeling language (UML) menggunakan software Visual Paradigm 6.4 Entreprise Edition. Sementara aplikasi embeded learning system pada tablet dikontruksi menggunakan bahasa HTML. Berdasarkan hasil analisis, uji coba dan pembahasan yang dilakukan, diketahui bahwa model aplikasi embeded learning system pada tablet yang dikembangkan mampu mengatasi permasalahan yang terdapat pada sistem m-learning, mudah digunakan, layar yang lebih nyaman, daya tahan catu mencapai 10 jam, keybord lebih nyaman, menyediakan informasi secara visual dan sumber belajar personalized, dapat mengubah situasi belajar dengan seting yang relatif bebas, tidak membosankan, memudahkan pemahaman, dan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.