Jenis-jenis penerapanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada perguruan tinggi diantaranya elearning,
mobile learning, dan berbagai proses pembelajaran dan akses informasi akademik berbasis elektronik
atau internet. Pemanfaatan TIK tersebut perlu dievaluasi, diantaranya melalui pengukuran persepsi atau
perspektif dari pengguna TIK, khususnya dosen dan mahasiswa. Penelitian mengenai proses adopsi TIK di
perguruan tinggi menggunakan berbagai model, di antaranya yaitu model prilaku dari pengguna teknologi. Dua
model paling populer adalah Technology Acceptance Model (TAM) dan Unified Theory of Acceptance and Use
of Technology (UTAUT). Makalah ini merupakan hasil meta-analysis yaitu telaah terhadap 23 hasil penelitian
empiris yang sudah dipublikasikan pada jurnal dan seminar international. Jenis penerapan TIK yang paling
banyak diteliti yaitu E-learning. Model analisis yang paling banyak digunakan yaitu structural equation model
serta analisis regresi dan korelasi. Variabel eksternal yang paling banyak diteliti adalah tingkat self-efficacy dan
anxiety. Semua penelitian menunjukkan bahwa TAM dan UTAUT dapat memprediksi faktor-faktor yang
mempengaruhi proses penerimaan dan penggunaan berbagai jenis penerapan TIK di perguruan tinggi, baik untuk
sebagian faktor saja atau model secara keseluruhan.
Perpustakaan Digital ITB