digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Jenis-jenis penerapanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada perguruan tinggi diantaranya elearning, mobile learning, dan berbagai proses pembelajaran dan akses informasi akademik berbasis elektronik atau internet. Pemanfaatan TIK tersebut perlu dievaluasi, diantaranya melalui pengukuran persepsi atau perspektif dari pengguna TIK, khususnya dosen dan mahasiswa. Penelitian mengenai proses adopsi TIK di perguruan tinggi menggunakan berbagai model, di antaranya yaitu model prilaku dari pengguna teknologi. Dua model paling populer adalah Technology Acceptance Model (TAM) dan Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT). Makalah ini merupakan hasil meta-analysis yaitu telaah terhadap 23 hasil penelitian empiris yang sudah dipublikasikan pada jurnal dan seminar international. Jenis penerapan TIK yang paling banyak diteliti yaitu E-learning. Model analisis yang paling banyak digunakan yaitu structural equation model serta analisis regresi dan korelasi. Variabel eksternal yang paling banyak diteliti adalah tingkat self-efficacy dan anxiety. Semua penelitian menunjukkan bahwa TAM dan UTAUT dapat memprediksi faktor-faktor yang mempengaruhi proses penerimaan dan penggunaan berbagai jenis penerapan TIK di perguruan tinggi, baik untuk sebagian faktor saja atau model secara keseluruhan.