digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Makin beragamnya produk yang ditawarkan oleh perusahaan yang kian bertambah, membuat persaingan usaha semakin ketat. Untuk dapat bersaing di era kompetisi, perusahaan harus menemukan atau mengembangkan proses dan produk barn secara terus menerus. Untuk menghasilkan produk bare yang lebih baik atau proses barn yang lebih efisien, diperlukan individu yang kreatif dan inovatif untuk menjalankan perusahaan.Penelitian ini menguji sebuah model yang terdiri dan variabel yang secara teoritis mempengaruhi perilaku kreatif-inovatif karyawan. Variabel tersebut adalah kepemimpinan transformasional yang dipraktekkan oleh pimpinan, iklim organisasi yang dirasakan oleh karyawan serta karakteristik pekerjaan untuk setiap posisi karyawan. Metode yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan alat analisis berupa program Linear Structural Relationship (LISREL).Data penelitian diperoleh dan 170 kuesioner yang berasal dari para responden. Responden dalam penelitian ini karyawan PT Telkom Kantor Daerah Telekomunikasi Bandung, dengan wilayah kerja meliputi Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung dan Kabupaten Sumedang. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada para karyawan di tiap bagian. Penentuan sampel dilakukan dengan metode proportionate stratified random sampling, dimana jumlah sampel untuk tiap bagian/dinas, ditentukan secara proporsional berdasarkan perbandingan jumlah pegawai di bagian tersebut terhadap jumlah seluruh pegawai di PT Telkom Bandung sebanyak 733 karyawan (posisi akhir Desember 2005). Selanjutnya penentuan responden di tiap bagian dilakukan secara acak.Hasil penelitian menunjukkan bahwa model penelitian sesuai (fit) dengan data survey, dan model dari variabel penelitian memiliki validitas dan reliabilitas konstruk yang memadai. Sebanyak tujuh hipotesis dapat dibuktikan, dengan nilai signifikansi yang memadai. Kondisi ini menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional, iklim organisasi dan karakteristik pekerjaan berpengaruh positif terhadap perilaku kreatifinovatif karyawan baik secara parsial maupun secara simultan.