digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2008 TS PP DESYANTI 1-COVER.pdf


2008 TS PP DESYANTI 1-BAB 1.pdf

2008 TS PP DESYANTI 1-BAB 2.pdf

2008 TS PP DESYANTI 1-BAB 3.pdf

2008 TS PP DESYANTI 1-BAB 4.pdf

2008 TS PP DESYANTI 1-BAB 5.pdf

2008 TS PP DESYANTI 1-PUSTAKA.pdf

Seiring dengan perkembangan Teknologi Informasi (TI) yang semakin pesat, kebutuhan akan suatu konsep dan mekanisme belajar mengajar (pendidikan) berbasis TI menjadi tidak terelakkan lagi. Konsep yang kemudian terkenal dengan sebutan e-learning ini membawa pengaruh terjadinya proses transformasi pendidikan konvensional ke dalam bentuk digital, baik secara isi (contents) dan sistemnya. Pembelajaran IPA memerlukan sarana pendukung yang dapat membantu proses belajar-mengajar yang lebih interaktif dan menyenangkan. Aspek interaktif dalam pembelajaran IPA penting untuk diterapkan dalam rangka mengasah kreatifitas dan kemandirian siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendesain sistem pembelajaran interactive e-learning SD pembelajaran IPA, khususnya pembelajaran makhluk hidup dan benda-benda langit, mengimplementasikan sistem pembelajaran yang interaktif menggunakan game dan animasi, khususnya pembelajaran pengenalan makhluk hidup dan benda langit berdasarkan desain yang dibuat. Penelitian di laksanakan di dua sekolah dasar yaitu SDN Banjarsari dan SDN Cicabe, Bandung. Dalam penelitian ini di ambil beberapa sampel dari tiap kelas yaitu kelas 1, kelas 2 dan kelas 3 dengan mengujicobakan aplikasi yang telah di buat. Hasil penelitian yang dilakukan di dua sekolah dasar menunjukkan bahwa melalui animasi dan game menciptakan suasana yang menyenangkan bagi siswa sehingga dapat membantu aktifitas belajar mengajar di sekolah. Belajar dengan permainan dapat membentuk kesan dramatis yang jarang siswa lupakan. Dengan permainan membangkitkan energi dan keterlibatan belajar siswa.