digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Meningkatnya kesadaran wanita Muslim untuk menutupi aurat dengan menggunakan jilbab meningkatkan permintaan Muslim akan produk dan layanan yang sesuai dengan hukum Islam atau syariah yang disebut produk atau layanan halal. Hal ini karena memenuhi kewajiban Islam untuk mengkonsumsi atau menggunakan produk atau layanan halal. Apalagi pertumbuhan yang signifikan dialami oleh produk kosmetik, hal ini karena kosmetik telah menjadi bagian dari kehidupan wanita sehari-hari, sedangkan sholat lima kali sehari juga merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh umat Islam. Oleh karena itu kemurnian diri harus dijaga dengan menggunakan kosmetik halal agar terhindar dari wudhu yang tidak sah sehingga bisa menyebabkan sholat tidak sah. Berdasarkan studi pendahuluan, foundation adalah make up yang digunakan wanita setiap hari. Ada foundation yang tidak memasang label halal pada kemasannya dan ditemukan kandungan bahan yang meragukan antara haram dan halal untuk digunakan. Ini mengharuskan umat Islam untuk menghapusnya sebelum melakukan wudhu dan sholat. Kemudian wanita Muslim akan menggunakannya lagi setelah sholat dan itu menyebabkan tidak praktis. Namun kesadaran konsumen terhadap kosmetik halal tinggi. Tetapi bagaimana mereka memperoleh minat untuk membeli foundation berlabel halal belum diketahui. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor apa saja yang secara signifikan mempengaruhi niat konsumen untuk membeli foundation berlabel halal beserta tingkat pengaruhnya. Faktor tersebut diteliti dengan menggunakan perpanjangan model Theory of Planned Behavior dengan menambahkan kualitas sebagai variabel independen yang diambil dari teori Eight Dimension of Quality. Semua data dikumpulkan melalui kuesioner yang didistribusikan secara online kepada para wanita Muslim di Bandung. Ada 400 data dari responden yang diukur dengan menggunakan Regresi Linier Berganda yang menunjukkan bahwa semua variabel bebas yaitu attitude, subjektif norm, perceived behavioral control, dan kualitas berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli konsumen. Penelitian ini ditujukan kepada industri kosmetik dan pemasar di Indonesia untuk memahami minat beli konsumen terhadap foundation berlabel halal. Dengan memahami faktorfaktor yang mempengaruhi minat beli konsumen diharapkan dapat meningkatkan penjualan foundation berlabel halal di Indonesia. Memperluas area penelitian dan menggunakan riasan khusus lainnya sebagai objek dpaat dilakukan untuk penelitian selanjutnya.