digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abdul Maskur [27123038]
PUBLIC Open In Flipbook Noor Pujiati.,S.Sos

BAB I Abdul Maskur [27123038]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB II Abdul Maskur [27123038]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB III Abdul Maskur [27123038]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB IV Abdul Maskur [27123038]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB V Abdul Maskur [27123038]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Tranformasi digital telah menjadi salah satu tren global telah memengaruhi cara masyarakat dalam mengakses informasi. Website termasuk salah satu platform yang banyak diakses, karena kelebihannya dalam aspek fleksibilitas yang memungkinkan pengguna mendapatkan informasi tanpa ada batasan lokasi dan waktu. Seiring perkembanganya, website juga digunakan dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi. Salah satunya untuk memberikan informasi kepada mahasiswa, yang merupakan bagian dari pemangku kepentingan dan sebagai pihak yang berhak mendapatkan informasi yang memadahi selama menjalani proses belajar di perguruan tinggi. Universitas Diponegoro merupakan salah satu institusi perguruan tinggi yang melakukan peningkatan kualitas layanan informasi melalui platform website, yang desain antarmuka websitenya telah diresmikan pada 7 Mei 2024. Website tersebut digunakan mahasiswa untuk mencari informasi seperti beasiswa, jurnal ilmiah, lowongan program magang, akses kalender akadmik, dan informasi pengumuman yang dianggap penting. Namun, masih terdapat indikasi hambatan yang dialami mahasiswa ketika mencari informasi menggunakan website. Permasalahan tersebut muncul karena mahasiswa tidak dilibatkan dalam proses perancangan website. Merujuk penelitian terdahulu, guna memastikan keberhasilkan sebuah website perguruan tinggi, perlu dilakukan pengujian usabilitas dan pengalaman pengguna untuk mengidentifikasi potensi kendala serta mengetahui tingkat kepuasan pengguna ketika berinteraksi dengan website. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengukur aspek usabilitas dan pengalaman mahasiswa ketika menggunakan website Universitas Diponegoro, serta menguji hubungan antara kedua hasil pengukuran usabilitas dan pengalaman pengguna. Secara metodologis, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang didasarkan pada data hasil pengujian usabilitas berbasis tugas, kuesioner System Usability Scale (SUS), dan kuesioner User Experience Questionnaire (UEQ). Pengujian usabilitas berfokus pada tugas pencarian halaman beasiswa, E Jurnal, program magang, kalender akademik, dan pengumuman. Pengujian dan pengisian kuesioner dilakukan secara berurutan oleh partisipan yang berasal dari mahasiswa Universitas Diponegoro (N=118). Hasil uji usabilitas menunjukkan bahwa terdapat tugas pencarian informasi yang dinilai sulit yaitu pencarian halaman pengumuman, informasi program magang, dan beasiswa. Kendala yang dialami oleh pengguna adalah letak menu navigasi pada website yang kurang jelas, penempatan menu yang kurang strategis, serta penggunaan istilah singkatan bahasa asing yang kurang difahami pengguna. Rata-rata skor SUS sebesar 54,36, mengindikasikan bahwa website belum sepenuhnya dapat digunakan untuk menemukan informasi, sehingga terdapat urgensi perbaikan website agar mudah digunakan pengguna. Mengingat kemudahan penggunaan website berimplikasi langsung pada pengalaman pengguna. Hasil pengukuran pengalaman pengguna dengan metode UEQ menunjukkan bahwa website belum memberikan pengalaman yang baik kepada pengguna. Terdapat aspek pengalaman yang berkaitan dengan usabilitas berada pada kategori "bad", khususnya dimensi kejelasan informasi dan efisiensi proses pencarian informasi, sehingga aspek kejelasan dan efisiensi memerlukan perhatian khusus dari pengembang website. Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa, skor SUS berhubungan dengan keseluruhan dimensi pengalaman pengguna. Sementara itu, aspek ketuntasan tugas berkorelasi positif dengan dimensi daya tarik, kejelasan, efisiensi, dan ketepatan. Sedangkan aspek error berkorelasi negatif dengan aspek kejelasan, efisiensi, dan ketepatan. Dengan demikan, untuk meningkatkan kualitas pengalaman pengguna saat menggunakan webiste, maka website harus ditampilkan dengan baik, mempunyai informasi yang jelas, dan proses navigasi pencarian informasi pada webiste harus dapat dilakukan secara efisien oleh pengguna. Penelitian ini menggarisbawahi bahwa penilaian dari pengguna dapat menjadi dasar evaluasi dan acuan pencarian solusi yang relevan dalam proses pengembangan website perguruaan tinggi.