Dokumen Asli
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Sistem Transportasi Cerdas (ITS), yang didukung oleh konektivitas 5G, sangat
bergantung pada komunikasi Vehicle-to-Everything (V2X) untuk menjamin
keselamatan dan efisiensi lalu lintas. Dalam kerangka ini, Vehicular Ad-hoc
Networks (VANET) menjadi tulang punggung utama untuk pertukaran data realtime
antar kendaraan, infrastruktur, pejalan kaki, dan jaringan cloud. Namun,
karakteristik intrinsik VANET seperti sifat nirkabel, topologi yang sangat dinamis,
dan ketiadaan entitas pusat, menjadikannya rentan terhadap berbagai ancaman
keamanan siber, terutama serangan Distributed Denial-of-Service (DDoS).
Serangan DDoS mampu membanjiri kanal komunikasi dengan lalu lintas palsu,
secara efektif menghambat pengiriman pesan keselamatan yang kritis, dan
berpotensi memicu kecelakaan. Metode deteksi tradisional yang hanya
mengandalkan ambang batas volume lalu lintas tidak lagi memadai untuk
mengidentifikasi dan menanggulangi kompleksitas pola serangan DDoS modern.
Meskipun penelitian sebelumnya telah mengeksplorasi secara terpisah kerangka
kepercayaan untuk manajemen reputasi node dan algoritma pembelajaran mesin
canggih seperti Multilayer Perceptron (MLP) untuk deteksi serangan dengan
akurasi tinggi, integrasi komprehensif antara kedua pendekatan ini masih menjadi
tantangan untuk mencapai perlindungan end-to-end yang dibutuhkan oleh aplikasi
5G-V2X yang menuntut latensi rendah dan keandalan tinggi.
Tugas akhir ini mengusulkan sebuah sistem deteksi DDoS terintegrasi yang
inovatif, memadukan manajemen kepercayaan berbasis simple blockchain dengan
model deep learning Multilayer Perceptron (MLP) untuk meminimalkan false
positive dan false negative. Penelitian ini menganalisis dampak serangan DDoS
pada komunikasi V2V dan mengevaluasi kinerja deteksi MLP dalam berbagai
skenario lalu lintas, meliputi kepadatan rendah, sedang, dan tinggi, serta berbagai
jenis serangan seperti Flooding Attack, High Power Jamming, dan Synchronize
Attack. Hipotesis utama yang diajukan adalah bahwa integrasi blockchain untuk
pengelolaan skor reputasi kendaraan akan secara signifikan meningkatkan akurasi
deteksi dan memungkinkan model untuk beradaptasi secara efektif terhadap kondisi
VANET yang dinamis. Pengujian dilakukan dalam simulasi yang melibatkan Road
Side Unit (RSU) dan setiap kendaraan (node) untuk memantau dan memprediksi
serangan secara real-time. Hasil awal menunjukkan peningkatan kinerja model
yang substansial dengan penambahan fitur reputasi, menegaskan bahwa pendekatan
terintegrasi ini sangat krusial untuk menciptakan lingkungan komunikasi kendaraan
yang lebih aman, andal, dan efisien, sekaligus memberikan kontribusi pada
pengembangan ITS global.
Perpustakaan Digital ITB