ABSTRAK
Sekarang ini, internet sedang berkembang hampir di seluruh negara. Salah satu negara yang mengalami perkembangan pesat dalam dunia internet adalah Indonesia. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan dengan menggunakan internet, antara lain mencari
informasi, mengetahui berita terbaru, mengirimkan pesan (email), dan juga mempromosikan produk atau jasa. Dengan perkembangan internet yang cukup pesat,
maka banyak perusahaan yang memanfaatkan internet sebagai salah satu cara untuk menjual produk atau jasa yang mereka miliki. Ada banyak UKM bermunculan sebagai akibat dari semakin pesatnya perkembangan internet di Indonesia.
Salah satu UKM yang baru adalah BAGSU Indonesia. BAGSU Indonesia merupakan UKM yang menjual produk tas khusus wanita. BAGSU Indonesia berdiri sejak tahun
2013 dan mempromosikan produk mereka melalui media sosial, seperti Instagram dan twitter, melalui website, dan melalui forum Kaskus. Adapun isu bisnis yang sedang dihadapi BAGSU Indonesia adalah kurangnya penjualan dan kesadaran akan merk dari BAGSU.
Survei dilakukan untuk mengetahui tingkat kesadaran akan merek di mata publik. Survei ini juga dapat menentukan target pasar perusahaan. Dari semua akar masalah, tesis ini hanya fokus pada target pasar yang salah, kurangnya strategi pemasaran, dan kurangnya
kesadaran merek .
Solusi yang dihasilkan dalam tesis ini meliputi strategi untuk tingkat perusahaan, tingkat bisnis, dan tingkat fungsional. Dari formulasi solusi tersebut ada 3 bagian yang harus diperbaiki oleh perusahaan, meliputi pemasaran, operasional, dan sumber daya manusia. Untuk pemasaran, BAGSU harus terlebih dahulu menetapkan STP (Segmenting, Targeting, dan Positioning) dengan lebih jelas. Kemudian, BAGSU harus menerapkan komunikasi pemasaran terintegrasi (IMC). IMC dapat meningkatkan kesadaran merek. Jika BAGSU memiliki STP yang jelas, IMC yang baik, dan brand awareness yang lebih baik, mereka akan mendapatkan penjualan yang lebih tinggi .
Rencana implementasi menjelaskan rencana program perusahaan ke depannya dengan lebih terinci. Rencana implementasi ini sendiri dimulai pada bulan Januari 2014 sampai Desember 2014 (satu tahun penuh). Dalam rencana implementasi ini juga dijelaskan lebih detail mengenai waktu yang harus diselesaikan dalam setiap programnya.
Kata kunci: internet, UKM, kesadaran merk, meningkatkan penjualan, komunikasi pemasaran terintegrasi, STP(Segmenting, Targeting, Positioning)
Perpustakaan Digital ITB