digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Dalam penelitian ini, penelitian dilakukan pada sebuah perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan kopi. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2012 oleh Dr. Mulia P. Nasution. Bisnis utama dari perusahaan ini adalah memproduksi green bean coffee dan menjualnya ke café di Jakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merumuskan komunikasi pemasaran terpadu untuk mempromosikan produk baru dari PT Sian Huta. Penelitian dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Pada metode kuantitatif, peneliti menyebarkan kuesioner kepada 100 responden. Mereka diminta untuk memberikan opini tentang pilihan media promosi yang diajukan penulis. Hasilnya akan menjadi dasar dalam menentukan program komunikasi pemasaran terpadu untuk produk baru Sian Huta. Untuk metode kualitatif, penulis melakukan wawancara dengan manajemen dari Sian Huta untuk memvalidasi masalah dan program promosi yang tepat untuk dijalankan. Berdasarkan hasil survey dan wawancara, penulis merumuskan strategi komunikasi pemasaran terpadu untuk Sian Huta. Terdapat 7 program yang direkomendasikan oleh penulis, yaitu official website, penempatan produk, media sosial, pameran kopi, sponsor acara, artikel media, video perusahaan. Pelaksanaan program komunikasi pemasaran terpadu ini lalu dibagi kedalam 3 fase sesuai dengan kebutuhan dari perusahaan.