Usia dini merupakan periode paling penting dalam kehidupan manusia dimana pada
tahap ini potensi yang dimiliki manusia akan berkembang sangat cepat. Kreativitas
merupakan suatu potensi besar yang dimiliki manusia sejak lahir yang harus
dikembangkan sejak usia dini agar kelak adanya kreativitas dalam diri manusia
dapat bermanfaat bagi lingkungan sosial dan memungkinkan manusia untuk
meningkatkan kualitas hidupnya. Selain dipengaruhi oleh dorongan yang datang
dari dalam diri manusia sejak lahir (motivasi intrinsik, misalnya bakat, minat,
intelegensi), kreativitas seseorang juga dapat dipengaruhi oleh berbagai dorongan
dari luar dirinya (motivasi ekstrinsik, misalnya lingkungan). Kreativitas dapat
tumbuh dan berkembang pada lingkungan yang mendukung proses perkembangan
kreativitas tersebut sehingga lingkungan belajar harus dirancang sedemikian rupa
agar optimal menjadi pemicu kreativitas, terutama pada lingkungan belajar bagi
anak usia dini.
Fasilitas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang ingin dirancang kali ini
bertujuan untuk membentuk lingkungan belajar yang kondusif bagi pengembangan
kreativitas anak. Perancangan terbatas untuk merancang fasilitas pendidikan bagi
anak dengan usia dibawah 6 tahun, umumnya yang berumur 2 – 6 tahun. Lokasi
perancangan berada di tengah kota yang sedang berkembang, yaitu Kota
Tangerang, tepatnya di daerah BSD dimana mayoritas penduduk merupakan kaum
menengah yang memiliki gaya hidup modern dengan kesadaran akan pentingnya
pendidikan dan pengembangan kreativitas bagi anak sejak usia dini. Kreativitas
pada anak usia dini dikoridori oleh imajinasi, rasa ingin tahu dan daya eksplorasi
yang dimiliki anak. Perancangan fasilitas pendidikan akan sangat dipengaruhi oleh
kurikulum yang digunakan, kurikulum kreatif menjadi kurikulum yang dipilih
untuk dapat mencapai tujuan perancangan. Fokus utama dalam perancangan adalah
untuk membentuk ruang-ruang belajar kreatif sebagai stimulus yang dapat
mempengaruhi kreativitas anak. Prinsip-prinsip perancangan ruang belajar kreatif
diambil sebagai dasar dalam proses perancangan yang akan menentukan kriteria
desain yang dibutuhkan untuk menciptakan lingkungan belajar yang dapat menjadi
wadah pengembangan kreativitas anak.
Perpustakaan Digital ITB