Richard Tjahjadi [17321029]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Perancangan desain interior Taman Kanak-Kanak Montessori ini bertujuan untuk
menciptakan lingkungan belajar yang optimal dalam meningkatkan kemandirian
anak usia dini. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif melalui studi
literatur dan observasi lapangan, menganalisis keterkaitan antara prinsip
Montessori, teori psikologi perkembangan anak, dan penerapan desain interior
ramah anak. Konsep utama yang diusung adalah "Auto-Education, Exploration,
Flexibility," yang diterjemahkan melalui tata ruang terbuka, furnitur ergonomis,
integrasi elemen alam, serta pencahayaan alami. Elemen-elemen tersebut dirancang
untuk mendukung pembelajaran mandiri, eksplorasi aktif, dan perkembangan
kognitif, sosial-emosional, serta motorik anak. Hasil perancangan menunjukkan
bahwa integrasi prinsip Montessori dan psikologi anak dalam desain interior
mampu menciptakan lingkungan yang mendorong auto-education, kreativitas, serta
perkembangan holistik anak usia dini. Lingkungan yang fleksibel, aman, dan
inklusif menjadi kunci dalam memfasilitasi proses belajar yang efektif dan
menyenangkan bagi meningkatkan kemandirian anak sesuai filosofi Montessori
Perpustakaan Digital ITB