digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Richard Tjahjadi [17321029]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Perancangan desain interior Taman Kanak-Kanak Montessori ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan belajar yang optimal dalam meningkatkan kemandirian anak usia dini. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif melalui studi literatur dan observasi lapangan, menganalisis keterkaitan antara prinsip Montessori, teori psikologi perkembangan anak, dan penerapan desain interior ramah anak. Konsep utama yang diusung adalah "Auto-Education, Exploration, Flexibility," yang diterjemahkan melalui tata ruang terbuka, furnitur ergonomis, integrasi elemen alam, serta pencahayaan alami. Elemen-elemen tersebut dirancang untuk mendukung pembelajaran mandiri, eksplorasi aktif, dan perkembangan kognitif, sosial-emosional, serta motorik anak. Hasil perancangan menunjukkan bahwa integrasi prinsip Montessori dan psikologi anak dalam desain interior mampu menciptakan lingkungan yang mendorong auto-education, kreativitas, serta perkembangan holistik anak usia dini. Lingkungan yang fleksibel, aman, dan inklusif menjadi kunci dalam memfasilitasi proses belajar yang efektif dan menyenangkan bagi meningkatkan kemandirian anak sesuai filosofi Montessori