Crashworthiness adalah kemampuan dari sebuah struktur beserta komponen-komponennya untuk melindungi penumpang saat terjadi kecelakaan. Salah satu komponen crashworthiness adalah anticlimber. Anticlimber mencegah terjadinya tumpang-tindih dengan menahan gaya vertikal pada saat tabrakran dengan mengunci underframe.
Pada penelitian ini dilakukan perancangan anticlimber untuk Kereta Api Ringan Jabodebek. Rancangan anticlimber menggunakan material Alumunium 6005A T5. Uji statik komponen anticlimber kemudian dilakukan dengan perangkat lunak ANSYS untuk mengetahui seberapa kuat anticlimber dapat menahan gaya vertikal dan longitudinal pada saat tabrakan. Hasil yang didapatkan adalah rancangan anticlimber berhasil menahan gaya-gaya pada saat tabrakan dengan faktor keselamatan 2,03.
Simulasi dinamik dilakukan pada kecepatan 10 m/s dam 20 m/s dengan offset 40 mm. Hasil simulasi menunjukkan bahwa dengan menggunakan anticlimber, kenaikan roda sebesar 32,32 mm pada kecepatan 10 m/s dan 88,43 mm pada kecepatan 20 m/s. Kenaikan roda pada kedua kecepatan uji ini masih di luar batas yang diperbolehkan standar BS EN 15227:2008.
Perpustakaan Digital ITB