Cindy Mettana [17421065]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Penerimaan diri (self-acceptance) merupakan aspek penting dalam perkembangan
psikososial anak usia sekolah (6–12 tahun). Anak-anak pada usia ini mulai peka terhadap
penilaian sosial dan sering menghadapi tantangan seperti ejekan serta perbandingan fisik,
yang dapat memengaruhi self-esteem mereka. Perancangan ini bertujuan untuk
menghadirkan media psikoedukatif berbasis narasi interaktif dengan pendekatan
Cognitive Behavior Therapy (CBT) dalam rangka membantu anak memahami dan
menerima dirinya sendiri. Cerita rakyat Bujang Katak diadaptasi ke dalam book app
berjudul Aku Juga Mau Main, dengan elemen visual, audio, dan interaktif yang dirancang
sesuai karakteristik usia anak. Metode perancangan melibatkan studi literatur, observasi
media sejenis, serta validasi dari orang tua dan ahli. Hasilnya menunjukkan bahwa media
ini berhasil menyampaikan pesan penerimaan diri secara efektif dan dapat mendorong
refleksi emosional anak. Aplikasi ini diharapkan dapat menjadi alat bantu psikoedukatif
yang menyenangkan dan relevan dalam mendukung perkembangan self-esteem anak.
Perpustakaan Digital ITB