digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Cindy Mettana [17421065]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Penerimaan diri (self-acceptance) merupakan aspek penting dalam perkembangan psikososial anak usia sekolah (6–12 tahun). Anak-anak pada usia ini mulai peka terhadap penilaian sosial dan sering menghadapi tantangan seperti ejekan serta perbandingan fisik, yang dapat memengaruhi self-esteem mereka. Perancangan ini bertujuan untuk menghadirkan media psikoedukatif berbasis narasi interaktif dengan pendekatan Cognitive Behavior Therapy (CBT) dalam rangka membantu anak memahami dan menerima dirinya sendiri. Cerita rakyat Bujang Katak diadaptasi ke dalam book app berjudul Aku Juga Mau Main, dengan elemen visual, audio, dan interaktif yang dirancang sesuai karakteristik usia anak. Metode perancangan melibatkan studi literatur, observasi media sejenis, serta validasi dari orang tua dan ahli. Hasilnya menunjukkan bahwa media ini berhasil menyampaikan pesan penerimaan diri secara efektif dan dapat mendorong refleksi emosional anak. Aplikasi ini diharapkan dapat menjadi alat bantu psikoedukatif yang menyenangkan dan relevan dalam mendukung perkembangan self-esteem anak.