Dokumen Asli
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Dukungan terhadap adopsi kendaraan listrik semakin meningkat, seiring dengan kesadaran masyarakat akan pentingnya pengurangan emisi dan polusi udara yang dihasilkan oleh kendaraan berbahan bakar fosil. Kendaraan listrik dinilai sebagai solusi yang menjanjikan untuk mengurangi dampak lingkungan tersebut. Namun demikian, masih banyak masyarakat yang ragu untuk beralih ke kendaraan listrik, terutama karena keterbatasan infrastruktur pengisian daya yang memadai serta permasalahan waktu antre dan waktu pengisian yang relatif lama di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).
Tugas akhir ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan sistem penjadwalan pengisian ulang kendaraan listrik berbasis baterai yang mampu mengoptimalkan distribusi permintaan pengisian daya dan mengurangi waktu tunggu di SPKLU. Sistem yang dikembangkan menggunakan pendekatan algoritma heuristik, yaitu Genetic Algorithm (GA) dan Particle Swarm Optimization (PSO), serta didukung dengan pemanfaatan protokol komunikasi MQTT dan database in-memory Redis untuk memastikan responsivitas dan efisiensi sistem.
Evaluasi dilakukan melalui simulasi berbasis discrete-event simulation dengan library SimPy pada skenario yang merepresentasikan berbagai tingkat beban dan variasi kondisi perjalanan kendaraan listrik. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem penjadwalan yang diusulkan secara signifikan dapat menurunkan waktu tunggu rata-rata di SPKLU dan meningkatkan utilisasi infrastruktur pengisian daya. Temuan ini diharapkan dapat berkontribusi dalam mendorong adopsi kendaraan listrik dengan menghadirkan pengalaman pengisian daya yang lebih efisien dan nyaman bagi pengguna.
Perpustakaan Digital ITB