ABSTRAK Nika Avivatus Sholekah
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
COVER Nika Avivatus Sholekah
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 1 Nika Avivatus Sholekah
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 Nika Avivatus Sholekah
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 Nika Avivatus Sholekah
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 Nika Avivatus Sholekah
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 Nika Avivatus Sholekah
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
DAFTAR PUSTAKA Nika Avivatus Sholekah
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Industri kereta cepat mengalami peningkatan di era modern seperti saat ini, sehingga penting untuk memperhatikan faktor keamanan dan kenyamanan penumpang dalam mendesainnya. Salah satu faktor yang berpengaruh adalah getaran atau vibrasi yang berasal dari badan kereta (carbody) dan komponen yang dipasang di bawah carbody (under-chassis equipment). Hal ini mendorong penulis untuk melakukan penelitian terkait pengaruh posisi peletakan dan konfigurasi suspensi penggantung dari komponen under-chassis equipment.
Dalam penelitian ini, dilakukan analisis dinamik dengan melakukan pemodelan badan kereta cepat sebagai benda fleksibel (flexible body) disertai dengan variasi nilai kekakuan pegas (k) dan koefisien redaman (c) pada suspensi penggantung under-chassis equipment. komponen. Selain itu, dilakukan pula variasi posisi peletakan komponen under-chassis equipment untuk mendapatkan hasil posisi yang menghasilkan reduksi vibrasi paling optimal.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah adanya pengaruh signifikan dari posisi peletakan komponen under-chassis equipment. Peletakan komponen yang semakin menjauh dari titik pusat referensi carbody menghasilkan reduksi vibrasi vertikal yang paling optimal, yaitu 1 – 2 Hz. Selain itu, variasi nilai k dan c pada suspensi penggantung komponen juga memiliki pengaruh terhadap penurunan amplitudo dan spektrum vibrasi yang mampu meningkatkan kenyamanan penumpang dan kestabilan gerak kereta cepat. Diketahui bahwa reduksi vibrasi terbesar terjadi pada bagian tengah (middle) carbody dengan besar reduksi mencapai 20%.
Perpustakaan Digital ITB