Perkembangan mobile commerce di Indonesia yang pesat dan persaingan yang ketat
mendorong platform untuk berinovasi, salah satunya melalui gamifikasi guna
meningkatkan pengalaman dan retensi pengguna. Penelitian ini menganalisis
pengaruh elemen gamifikasi terhadap user experience, dengan mempertimbangkan
moderasi utilitarian feature dan hedonic feature, serta mediasi perceived value.
Pengolahan data menggunakan teknik Partial Least Squares-Structural Equation
Modeling (PLS-SEM) dengan data dari 202 responden pengguna mobile commerce.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa elemen gamifikasi (point, challenge, dan
goal) tidak berpengaruh signifikan terhadap user experience, begitu pula utilitarian
feature dan hedonic feature sebagai moderator. Namun, user experience
berpengaruh signifikan terhadap perceived value terutama monetary value,
information value, dan emotional value, yang pada akhirnya meningkatkan
satisfaction. Penelitian ini juga menemukan bahwa perceived value menjadi
mediator penuh dalam hubungan antara user experience dan satisfaction, serta
satisfaction menjadi faktor utama dalam menentukan continuance intention.
Implikasi penelitian ini menekankan pentingnya optimalisasi strategi gamifikasi
dengan insentif yang lebih relevan, personalisasi, dan nilai tambah nyata bagi
pengguna. Peningkatan user experience perlu difokuskan pada transparansi
informasi, pengalaman interaktif, dan manfaat ekonomi. Dengan strategi ini,
platform mobile commerce dapat meningkatkan kepuasan dan loyalitas pengguna
dalam ekosistem digital yang kompetitif.
Perpustakaan Digital ITB