ABSTRAK Nazwa Shafira Halwa Syah Putri
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
BAB 1 Nazwa Shafira Halwa Syah Putri
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
BAB 2 Nazwa Shafira Halwa Syah Putri
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
BAB 3 Nazwa Shafira Halwa Syah Putri
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
BAB 4 Nazwa Shafira Halwa Syah Putri
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
BAB 5 Nazwa Shafira Halwa Syah Putri
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
BAB 6 Nazwa Shafira Halwa Syah Putri
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
PUSTAKA Nazwa Shafira Halwa Syah Putri
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
LAMPIRAN Nazwa Shafira Halwa Syah Putri
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
Kawasan Braga di Kota Bandung merupakan destinasi wisata dengan nilai sejarah
dan visual yang khas, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.
Perkembangan teknologi digital telah mengubah pola pencarian informasi
wisatawan, di mana media digital dan Electronic Word of Mouth (E-WOM) kini
menjadi sumber utama dalam memilih destinasi. Meski demikian, aspek fisik daya
tarik kawasan tetap menjadi faktor penting yang mempengaruhi keputusan
berkunjung. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh E-WOM dan
daya tarik wisata terhadap keputusan kunjungan ke kawasan Braga.“
”Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik
pengumpulan data kuesioner yang disebarkan kepada wisatawan yang sedang atau
pernah mengunjungi kawasan Braga. Sampel yang digunakann dengan
menggunakan metode convinience sampling, penyebaran kuesioner dilakukan
secara langsung dan penyebaran form melalui media sosial. Analisis yang
digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis
regresi linear berganda.“
”Hasilnya membuktikkan bahwa baik E-WOM maupun daya tarik wisata memiliki
pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan kunjungan wisatawan, baik
secara parsial maupun simultan. Temuan ini menunjukkan bahwa kepercayaan
terhadap rekomendasi digital dan kualitas destinasi saling mendukung dalam
membentuk perilaku kunjungan. Meskipun demikian, terdapat faktor eksternal lainv
yang turut memengaruhi keputusan tersebut, sehingga diperlukan kajian lanjutan.
Temuan lapangan menunjukkan bahwa Instagram dan TikTok merupakan platform
dominan dalam pencarian informasi wisata, terutama melalui konten visual seperti
video dan foto. Selain itu, rekomendasi dari kerabat dekat dinilai paling kredibel
dan memiliki pengaruh kuat terhadap keputusan berkunjung. Dari segi daya tarik
fisik, kawasan Braga memiliki kekuatan pada nilai sejarah, arsitektur kolonial, serta
atmosfer kawasan, meskipun masih diperlukan perbaikan fasilitas umum guna
meningkatkan kenyamanan wisatawan.“
Secara keseluruhan, penelitian ini menekankan pentingnya integrasi antara
penguatan aspek fisik kawasan dengan pemanfaatan E-WOM sebagai strategi
promosi digital yang partisipatif untuk meningkatkan keputusan kunjungan wisata
secara berkelanjutan dan adaptif terhadap perkembangan teknologi serta perilaku
wisatawan.
Perpustakaan Digital ITB