digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK_Safira Adzhani
PUBLIC Open In Flipbook Perpustakaan Prodi Arsitektur

Sekolah alam adalah bentuk pendidikan alternatif yang menggunakan alam sebagai media utama dalam proses belajar siswa dengan metode pembelajaran aktif atau pembelajaran melalui tindakan, di mana anak-anak belajar melalui pengalaman langsung. Sekolah Alam Bandung merupakan salah satu institusi pendidikan yang menerapkan konsep pendidikan berbasis alam dengan memanfaatkan lingkungan sebagai media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar tingkat penerapan prinsip-prinsip arsitektur ekologi pada bangunan dan lingkungan sekolah alam tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini didukung dengan berbagai data primer dan sekunder yang diperoleh penilaian (assessment) melalui observasi lapangan, kuesioner tertutup, wawancara terbuka, serta analisis dokumen terkait sekolah yang berkaitan dengan prinsip prinsip arsitektur ekologi. Penelitian ini menyimpulkan dan membuktikan bahwa Sekolah Alam Bandung sebagai Sekolah Alam yang menerapkan prinsip arsitektur ekologi dengan sangat baik walaupun terdapat beberapa kekurangan yang bisa diperbaiki kedepannya. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pengembangan lebih lanjut arsitektur ramah lingkungan di sekolah-sekolah lain, khususnya yang berbasis alam.