
Dokumen Asli
Terbatas Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Analisis sentimen di media sosial terbatas pada klasifikasi opini secara umum tanpa
memperhatikan aspek atau entitas tertentu dalam teks. Hal ini menyulitkan
perusahaan dalam memahami opini publik secara spesifik terhadap fitur, produk,
atau merek yang mereka miliki. Tugas akhir ini mengusulkan sistem BRASA, yaitu
gabungan dari Named Entity Recognition (NER) dan Aspect-Based Sentiment
Analysis (ABSA), untuk mengevaluasi citra merek secara kontekstual di media
sosial. Sistem dikembangkan dalam bentuk pipeline dengan dua komponen utama,
yaitu model NER yang mengenali dan mengklasifikasikan entitas dalam teks, serta
model ABSA yang menentukan sentimen terhadap tiap entitas yang terdeteksi.
Pengembangan dilakukan dengan menggunakan model RoBERTa yang di-fine-
tune untuk masing-masing tugas. Tugas akhir ini melibatkan proses desain label,
strategi tokenization, preprocessing data, dan evaluasi menyeluruh. Evaluasi yang
dilakukan menggunakan metrik precision, recall, F1-score, dan accuracy. Model
NER menunjukkan hasil yang sangat baik dengan F1-score di atas 0.95 untuk
semua kategori entitas. Model ABSA mencapai F1-score rata-rata sebesar 0.83,
dengan tantangan utama pada deteksi sentimen netral. Pipeline BRASA
menghasilkan F1-score makro sebesar 0.78, menandakan keberhasilan integrasi dua
model dalam menyelesaikan tugas end-to-end secara efisien. Hasil evaluasi
menunjukkan bahwa sistem BRASA mampu memberikan analisis yang lebih
terarah dan spesifik terhadap opini konsumen dan layak digunakan sebagai alat
bantu pengambilan keputusan strategis oleh tim pemasaran. Sistem ini juga
dilengkapi dengan dashboard interaktif untuk memudahkan eksplorasi hasil
analisis secara visual.