digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Patrick Natanael
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan

COVER Patrick Natanael
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 1 Patrick Natanael
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Patrick Natanael
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Patrick Natanael
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Patrick Natanael
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Patrick Natanael
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan

DAFTAR PUSTAKA Patrick Natanael
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan

LAMPIRAN Patrick Natanael
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan

Suspensi adalah komponen kendaraan yang berperan dalam menentukan respons dinamik terhadap gangguan yang dialami kendaraan. Suspensi mengutilisasi kekakuan pegas dan koefisien redaman peredam untuk bekerja. Jenis suspensi kontrol semiaktif memiliki kemampuan untuk memvariasikan koefisien redaman sesuai dengan gangguan yang diterima. Salah satu jenis peredam yang digunakan pada kontrol semiaktif adalah variable orifice damper. VO damper menggunakan pengaturan aliran yang menggunakan valve untuk mengatur besar koefisien peredam. Penelitian ini akan berfokus pada analisis respons dinamik arah vertikal oleh suspensi pasif dan suspensi semiaktif. Hasil respons dinamik diperoleh dengan simulasi yang dikerjakan melalui perangkat lunak MATLAB Simulink. Respons dinamik yang dihasilkan akan dijadikan studi perbandingan antara kedua jenis suspensi dalam hal performa terkait dengan kenyamanan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat untuk perancangan suspensi kereta api dalam meningkatkan kenyamanan berkendara. Peningkatan kenyamanan dalam kereta akan membuat kereta semakin diminati masyarakat.