ABSTRAK Patrick Natanael
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
COVER Patrick Natanael
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 1 Patrick Natanael
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 Patrick Natanael
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 Patrick Natanael
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 Patrick Natanael
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 Patrick Natanael
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
DAFTAR PUSTAKA Patrick Natanael
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
LAMPIRAN Patrick Natanael
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Suspensi adalah komponen kendaraan yang berperan dalam menentukan respons
dinamik terhadap gangguan yang dialami kendaraan. Suspensi mengutilisasi kekakuan pegas
dan koefisien redaman peredam untuk bekerja. Jenis suspensi kontrol semiaktif memiliki
kemampuan untuk memvariasikan koefisien redaman sesuai dengan gangguan yang
diterima. Salah satu jenis peredam yang digunakan pada kontrol semiaktif adalah variable
orifice damper. VO damper menggunakan pengaturan aliran yang menggunakan valve
untuk mengatur besar koefisien peredam.
Penelitian ini akan berfokus pada analisis respons dinamik arah vertikal oleh suspensi
pasif dan suspensi semiaktif. Hasil respons dinamik diperoleh dengan simulasi yang
dikerjakan melalui perangkat lunak MATLAB Simulink. Respons dinamik yang dihasilkan
akan dijadikan studi perbandingan antara kedua jenis suspensi dalam hal performa terkait
dengan kenyamanan.
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat untuk perancangan suspensi
kereta api dalam meningkatkan kenyamanan berkendara. Peningkatan kenyamanan dalam
kereta akan membuat kereta semakin diminati masyarakat.
Perpustakaan Digital ITB