Steganografi merupakan seni dan ilmu menyembunyikan pesan dengan suatu cara sehingga selain pengirim dan penerima, tidak ada seorang pun yang menyadari bahwa ada suatu pesan rahasia. Steganografi dibagi menjadi dua jenis yaitu Noisy Steganography dan Noiseless Steganography. Dengan noiseless steganography, sampul tidak memiliki noise karena pesan merupakan sampul itu sendiri sehingga data noiseless di sampul yang dihasilkan menggunakan data asli yang tidak diubah atau data yang tidak dapat dilacak sehingga terhindar dari serangan. Noiseless steganography di domain permainan sudah diaplikasikan di permainan catur, Tetris, dan Minesweeper. Dalam penelitian tugas akhir ini, pesan rahasia akan disematkan di sampul yang merupakan rangkaian acakan notasi kubus Rubik. Untuk memastikan rangkaian notasi kubus Rubik selalu berbeda meskipun pesan sama, disimpan informasi permutasi di rangkaian notasi pertama. Informasi permutasi digunakan untuk mengacak tabel pengodean notasi. Pada rangkaian notasi kedua, disimpan informasi panjang notasi yang dibutuhkan. Informasi panjang notasi digunakan untuk menentukan banyaknya notasi di rangkaian ketiga dan seterusnya yang memuat pesan rahasia. Perangkat lunak yang dibangun berupa timer kubus Rubik yang akan membangkitkan acakan saat pengguna memainkannya. Timer yang dibuat merupakan perangkat lunak berbasis web yang dikembangkan dengan framework Flask. Hasil pengujian menunjukkan bahwa perangkat lunak mampu melewati seluruh kebutuhan fungsional sehingga dapat berfungsi seperti timer pada umumnya. Selain itu, nilai peluang setiap notasi memiliki distribusi yang merata dengan nilai entropi yang mendekati nilai maksimum. Untuk setiap rangkaian acakan dengan jumlah sekitar 20 notasi, dapat dimuat hingga 66 bit. Berdasarkan teori dan hasil pengujian secara statistik, sampul yang dibangkitkan tahan terhadap serangan.
Perpustakaan Digital ITB