digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Fatimah Sajidah [17321049]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Perkembangan teknologi digital yang pesat telah mengubah pola interaksi anak, mengurangi keterlibatan mereka dengan lingkungan alam. Fenomena ini berimplikasi pada menurunnya motivasi belajar serta berkurangnya pengalaman eksploratif yang penting bagi perkembangan anak. Perancangan ini bertujuan untuk mengoptimalkan desain ruang belajar di sekolah alam guna mendorong interaksi anak dengan alam dan mengurangi ketergantungan terhadap teknologi digital. Perancangan ini dibuat dengan mempertimbangkan aspek psikologi, ergonomi, serta pola perkembangan anak yang disesuaikan dengan kurikulum pembelajaran tingkat SD, sehingga dapat menciptakan lingkungan belajar yang optimal dan meningkatkan motivasi anak untuk belajar. Melalui perancangan ini, diharapkan desain ruang yang mengintegrasikan elemen alami, fleksibilitas spasial, serta fasilitas berbasis pengalaman dapat memfasilitasi keterlibatan anak secara lebih mendalam dengan lingkungan alam, sekaligus mereduksi ketergantungan terhadap perangkat digital. Konsep ini bertujuan untuk menciptakan ekosistem pembelajaran yang menyeluruh, di mana keseimbangan antara teknologi dan eksplorasi berbasis lingkungan menjadi pilar utama dalam pengembangan desain pendidikan yang berkelanjutan.