Fatimah Sajidah [17321049]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Perkembangan teknologi digital yang pesat telah mengubah pola interaksi anak,
mengurangi keterlibatan mereka dengan lingkungan alam. Fenomena ini berimplikasi pada
menurunnya motivasi belajar serta berkurangnya pengalaman eksploratif yang penting bagi
perkembangan anak. Perancangan ini bertujuan untuk mengoptimalkan desain ruang belajar di
sekolah alam guna mendorong interaksi anak dengan alam dan mengurangi ketergantungan
terhadap teknologi digital. Perancangan ini dibuat dengan mempertimbangkan aspek psikologi,
ergonomi, serta pola perkembangan anak yang disesuaikan dengan kurikulum pembelajaran
tingkat SD, sehingga dapat menciptakan lingkungan belajar yang optimal dan meningkatkan
motivasi anak untuk belajar.
Melalui perancangan ini, diharapkan desain ruang yang mengintegrasikan elemen alami,
fleksibilitas spasial, serta fasilitas berbasis pengalaman dapat memfasilitasi keterlibatan anak
secara lebih mendalam dengan lingkungan alam, sekaligus mereduksi ketergantungan terhadap
perangkat digital. Konsep ini bertujuan untuk menciptakan ekosistem pembelajaran yang
menyeluruh, di mana keseimbangan antara teknologi dan eksplorasi berbasis lingkungan menjadi
pilar utama dalam pengembangan desain pendidikan yang berkelanjutan.
Perpustakaan Digital ITB